About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Tuesday, July 29, 2014

Cara Menambah Selera Makan

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/07/cara-menambah-selera-makan.html
Kurang selera makan sering di alami oleh anak-anak, tapi hal ini pun sering juga dialami oleh orang dewasa. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan selera makan seseorang berkurang atau menurun, yaitu : karena kondisi kesehatan yang tergangu, pola makan yang tidak teratur, dan kebiasaan-kebiasaan buruk. Kesehatan yang tergangu bisa saja menurunkan selera makan, seperti : diabetes, asma dan paru-paru, begitu pun juga jika seseorang mengalami stres, letih dan lesu atau tubuh yang kurang fit. Kadang ada juga seseorang yang mengalami stres tapi memicu untuk makan makanan dengan porsi besar dan berkelanjutan, hal ini bisa membuat berat badan meningkat dan juga merupakan salah satu pola makan yang tidak baik.

Tapi ada pun seseorang yang mengalami stres tetapi mempengaruhi selera atau nafsu makan menurun. Hal itu terjadi karena kondisi tubuh seseorang yang tidak stabil. Kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti : makan makanan mengandung gula dan minum minuman yang bersoda, sehingga menekan selera atau nafsu makan seseorang, hal ini bisa Anda hindari jika ingin menambah nafsu makan dan meningkatkan berat badan. Pola makan yang teratur juga akan menunjang nafsu atau selera makan Anda sehingga berat badan tetap stabil. Kebiasaan yang buruk dapat seperti : kebiasaan merokok, hal ini yang bisa mempengaruhi pola makan Anda tidak stabil, karena zat yang terkandung dalam rokok bisa menekan selera makan, membuat Anda terasa kenyang dan juga bisa menggangu kesehatan Anda. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dan ada pula yang perlu dihindari, Anda bisa simak beberapa cara dan tips di bawah ini.

Tertawa
Buatlah diri Anda untuk tertawa lepas dengan berbagai canda dan gurauan atau hal-hal lucu, karena hal ini akan membuat perasaan Anda lega dan bahagia sehingga mempengaruhi kondisi tubuh Anda dalam keadaan fit, rileks sampai menunjang nafsu atau selera makan Anda menjadi bertambah baik. Tertawa merupakan salah satu cara mengusir rasa stres, jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan stres, Anda bisa membacanya lebih lanjut di Tips Mencegah Dan Menghilangkan Stres

Olahraga
Tubuh yang sehat pasti memiliki cukup olahraga, karena dengan olahraga membuat tubuh Anda fit dan segar dan juga memiliki kondisi tubuh yang stabil sehingga memberikan selera makan yang normal. Jika Anda merasakan letih, lesu atau kurang fit sehingga membuat selera makan Anda berkurang, cobalah Anda mengerak-gerak tubuh Anda dengan olahraga ringan, hal ini akan membantu mengembalikan selera makan Anda.

Hindari Minuman Bersoda Dan Bergula
Kurangi minuman bersoda dan yang mengandung gula, karena jenis minuman ini akan membuat Anda merasa kenyang sehingga mengurangi selera makan Anda. Kurangi juga konsumsi minum teh dan kopi yang berlebihan, karena teh dan kopi membuat Anda terasa kenyang sehingga tidak ada rasa lapar atau keinginan untuk makan.


Selain beberapa tips dan cara diatas yang perlu Anda lakukan, ada beberapa bahan makanan alami yang bisa Anda kelola menjadi minuman atau makanan untuk meningkatkan atau menambah selera makan Anda atau pun anak Anda, sebagai berikut :

> Temulawak
Ambil sebatang temulawak sebesar ibu jari, bersihkan lalu di parut campur dengan segelas air dan gula aren, lalu di peras pisahkan ampasnya dan bisa langsung di minum. Bisa juga temulawak di potong-potong, lalu direbus bersama segelas air dan gula aren. Tanaman temulawak bisa membantu meningkatkan nafsu atau selera makan Anda. Jika Anda ingin menaikkan berat badan Anda, cara ini bisa Anda lakukan.

> Lengkuas
Tanaman lengkuas merupakan salah satu bumbu masakan, lengkuas ini bisa Anda campur dengan masakan Anda, seperti : masakan daging. Atau ambil lengkuas, potong-potong tipis lalu di tumbuk halus, setelah itu di saring sampai air lengkuas keluar, lalu Anda bisa mengkomsumsinya. Lengkuas bermanfaat menambah nafsu dan selera makan Anda dengan aroma khas dan rasa yang khas.

> Daun Pepaya
Daun pepaya bisa Anda masak dengan sayuran lainnya atau bisa Anda padukan dengan menu-menu lainnya, atau bisa direbus. Ambil daunnya yang mudah saja agar rasa pahitnya berkurang. Tetapi lebih baik lagi jika Anda bisa menahan rasa pahit pada daun pepaya, karena rasa pahit dan kandung di dalam daun pepaya yang mampu memberikan rasa selera makan Anda bertambah. Daun pepaya juga baik untuk kesehatan Anda, seperti : penyakit asma.

> Ikan Kering
Ikan kering mudah di dapat pasar manapun juga, pilih yang masih segar dan berkualitas baik tanpa bahan pengawet. Ikan kering bisa Anda masukkan dalam menu sehari-hari Anda dan terasa nikmat jika dipadukan dengan nasi hangat, hal ini akan menambah selera makan Anda.

> Suplemen atau Vitamin
Anda bisa mengkonsumsi suplemen atau vitamin yang menambah nafsu atau selera makan Anda dan bisa di dapatkan di berbagai toko apotik. Pilih suplemen yang memiliki kualitas baik yang juga bisa menjaga kesehatan tubuh Anda.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki pola makan yang seimbang, menambah selera makan atau ingin menambah berat badan, Anda bisa melakukan beberapa cara dan tips diatas. Menambah selera makan berarti menyeimbangkan pola makan Anda agar tidak terjadi naik turunnya selerah makan atau bahkan sampai bekelebihan, sehingga kesehatan tubuh bisa tetap terjaga. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda untuk meningkatkan selera makan anak Anda.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 7:26 AM

No comments:

Post a Comment