About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Wednesday, June 11, 2014

Tips Mencegah Dan Menghilangkan Stres

Ketika anda terjebak dengan kesibukan anda sehari-hari, pasti stres muda timbul dalam pikiran anda. Sehingga bisa mempengaruhi kualitas kerja anda dan sulit konsentrasi, mudah lelah serta pekerjaan tidak terselesaikan sehingga menambah masalah saat anda stres. Semua orang tidak akan lepas dari namanya stres, pasti setiap orang mengalami. Tetapi ada beberapa orang yang bisa mengatasi masalah mereka sehingga mereka tidak mengalami stres yang berkepanjangan. Mencegah dan menghilangkan stres sebenarnya agak mudah, tetapi kadang orang terlarut di dalamnya dan tidak bisa menemukan jalan keluarnya.
Stres bisa diakibatkan karena hormon atau bawaan seseorang, seperti tugas yang diberikan, belum dijalankan sudah mulai stres. Nah, kalau yang ini di perlukan pembenahan diri terlebih dahulu agar dapat membiasakan diri dengan memberanikan diri untuk mencoba melakukannya jika ada masalah baru bisa dicari solusinya. Untuk stres yang bersifat ringan seperti karena kesibukan yang padat sehingga mempengaruhi konsentrasi. Dan jika anda sudah stres dan banyak pikiran saat di kantor atau di rumah. Berikut beberapa tips menghilangkan stres di kantor maupun di rumah, yaitu :

  • Sediakan segelas teh hitam : ganti kebiasaan minum kopi dengan segelas minuman teh hitam, karena minuman teh hitam 4x sehari selama 6 minggu mengurangi hormon kortisol yang memicu stres.
  • Buatlah segelas susu hangat : ketika anda merasa pusing dan lelah, minumlah segelas susu hangat. Kandungan kalsium, magnesium dan kaliumnya juga dapat menurunkan tingkat stres, dapat membantu proses metabolisme menjadi serotanin yang berfungsi meningkatkan mood anda.
  • Buatlah segelas teh hijau : teh hijau dapat meningkatkan relaksasi di otak dan saraf. Hal ini mengurangi gelombang beta yang menciptakan perasaan tertekan sehingga meningkatnya gelombang alfa yang menyebabkan efek menenangkan dalam saraf dan otak anda.
  • Buatlah segelas air dingin atau es : air dingin dapat digunakan untuk mengurangi stres, tetapi setelah minum pasti anda berjalan di luar ruangan dan menghirup udara segar. Air bergerak di dalam darah dan udara segar merangsang hormon.
  • Buatlah segelas cokelat panas atau anda bisa makan sebatang coklat : minuman hangat akan meningkatkan suhu tubuh, sehingga tubuh lebih nyaman. Kandungan coklat juga bisa membuat suasana hati lebih stabil.
  • Buatlah segelas jus : kandungan serat yang dimiliki masing-masing buah, membuat pikiran anda menjadi lebih segar.

Ke enam jenis minuman di atas bisa membantu anda mengatasi stres. Minuman ini bisa menemani anda saat bekerja, selepas pulang kantor saat anda relax anda bisa meminumnya untuk merelaxkan otot dan saraf anda. Anda bisa juga membuatnya di rumah atau pun memesannya di tempat lain, bahan-bahannya cukup mudah anda peroleh di supermaket. Untuk menghindari stres dimanapun andaberada, anda bisa mencoba atau memilih beberapa tips diatas untuk menemani keseharian anda.

Semoga anda bisa menghindari stres dalam diri anda karena segudang aktifitas anda yang sibuk dan membuat beban pikiran. Semoga bermanfaat bagi anda.



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 7:00 AM

No comments:

Post a Comment