About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Wednesday, July 23, 2014

Cara Melukis Dengan Baik Dan Benar

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/07/cara-melukis-dengan-baik-dan-benar.html
Seni lukis sangat terkait dngan namanya gambar. Berbagai teknik dilakukan untuk mendapatkan seni karya yang indah. Zaman dahulu lukisan sudah dikenal oleh para nenek moyang manusia, dengan teknik yang sederhana seperti: lukisan dari arang, kapur dan bahan lainnya. Seni lukis adalah salah satu dari seni rupa atau sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Melukis merupakan kegiatan mengolah medium dua dimensi untuk mendapatkan kesan tertentu, seperti : kanvas, kertas, papan dan bahkan film di dalam fotografi yang bisa dianggap sebagai media lukisan. Dalam melukis, bakat saja tidak cukup tetapi harus ada pelatihan dan kerja keras memahami teknik yang digunakan dalam melukis, seperti : bagaimana melihat sudut pandang yang tepat dari suatu objek lukisan sehingga hasil lukisan terkesan sangat hidup. Lukisan merupakan karya seni yang termasuk dalam kategori seni murni yang berdiri sendiri. Dalam membuat karya yang berbentuk lukisan, pada umumnya dengan memberikan warna pada bidang dua dimensional dengan bentuk-bentuk sesuai dengan keinginan pelukis. Bagi Anda pecinta seni lukis, lukisan bukan hanya sekedar kumpulan warna yang digabungkan tanpa makna. Para pecinta lukisan harus mampu membaca makna yang tersirat dari komposisi yang terdapat daam lukisan tersebut. Aliran seni lukis ada beberapa macam, seperti : aliran surrealisme (lukisan yang ditemui dalam mimpi), aliran kubisme (lukisan bentuk geometri), aliran romantisme (bersifat membangkitkan kenangan romantis), aliran plural painting (bersifat semacam meditasi), aliran bandingkutisme Dalam membuat seni lukis ada beberapa teknik yang harus dikuasai terlebih dahulu untuk mereka yang sedang belajar melukis.

> Pemilihan Objek
Mulailah melukis dengan pemilihan objek yang mudah, seperti: kursi dan lain sebagainya. Pelukis harus mampu merasakan mengenai objek yang akan dilukis tersebut. Untuk bisa mendapatkan objek lukisan yang muda, maka Anda fokus pada satu teknik, seperti : teknik aquarel, teknik ini lebih menggunakan cat air sebagai salah satu bahan dasar, selain cat pewarna, dimana zat pewarna dicampurkan dengan air pada satu tempat khusus yang dinamakan palette.

> Munculkan filosofi
Dalam melukis, harus disertai dengan adanya filosofi agar bisa membentuk karakter yang kuat dalam lukisan tersebut. Jika tidak, maka lukisan tersebut hanya bisa menjadi sebuah coretan tanpa makna.

> Buat Lukisan Yang Bercerita
Buatlah lukisan yang mampu menceritakan sesuatu, maka kita akan lebih muda dan mapu menguasai teknik dasar melukis.

> Pewarnaan
Dalam melukis diperlukan keberanian untuk menciptakan kreasi warna baru. Penguasaan pengertian dan pemahaman tentang warna sangat penting agar kita tidak salah dalam mencampur warna. Jika ingin mendapatkan warna gelap, maka air yang dicampurkan sedikit saja, sedangkan untuk warna cerah atau transparan harus menggunakan banyak air. Penggunaan air merupakan salah satu teknik melukis. Latihan dan ingatan yang bagus akan membantu menemukan warna yang diinginkan.

> Pemotongan Kertas
Potong kertas menjadi beberapa bagian, lalu potongan kertas tersebut tempelkan pada bidang lukis sehingga membentuk sebuah lukisan yang kita inginkan.

> Naluri
Dalam melukis, seorang pelukis harus memiliki nalar atau naluri sehingga apa yang ada dalam pikiran bisa dituangkan ke dalam kanvas. Dalam melukis perlu dilakukan dengan sepenuh hati, segenap keyakinan dan jangan merasa takut untuk mengikuti kata hati tersebut.

Setiap pelukis sangat penting untuk bisa memahami setiap teknik yang berhubungan dengan melukis sebelum kemudian menekuninya sebagai aliran teknik melukis. Hal ini penting jika mereka menampilkan teknik secara khusus, maka hal tersebut bisa menjadi brandingself dalam dunia seni lukis. Seorang pelukis terkenal bukan hanya lukisannya yang bagus, tetapi teknik dalam melukis yang bagus, sesuai dengan kemampuannya. Teknik yang akan membuat mereka berbeda sehingga hasil lukisannya pun berbeda. Jika mereka tidak memiliki ciri  khas, maka mereka akan sulit bersaing ditengah persaingan yang sangat ketat. Seniman hanya diikat oleh persyaratan yang ada dalam seni lukis itu sendiri dan tidak harus mengingat dimana lukisan itu akan dipasang, berapa harga nominalnya, dan gaya bagaimana yang akan disukai oleh konsumennya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat Anda untuk terus berkaya dalam hal seni lukis bisa menghasilkan karya seni lukis yang indah dan memilki kualitas dan bermutu tinggi bagi pembeli.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 1:14 AM

3 comments:

  1. Agar hasilnya bagus, butuh konsentrasi yang kuat :)
    http://goo.gl/ic8K14

    ReplyDelete
  2. Setiap melukis saya bingung bagaimana caranya mengkombinasikan warna hingga membuat lukisan menjadi lebih bagus

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete