About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Monday, July 28, 2014

Cara Membersihkan Buah Dan Sayuran Dengan Baik Dan Benar

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/07/cara-membersihkan-buah-dan-sayuran.htmlBuah dan sayuran merupakan kebutuhan kita sehari-hari untuk melengkapi setiap menu makanan yang kita sajikan. Diketahui sekarang banyak buah dan sayuran yang diperjualbelikan saat ini dan banyak mengandung zat lilin dan pestisida, hal ini bisa saja menggangu kesehatan tubuh. Biasanya para petani untuk menghindari gagal panen, mereka menggunakan atau memakai pestisida dan zat lilin agar dagangan buah dan sayuran nampak tetap segar. Jika buah dan sayuran tidak dibersihkan dengan baik, bisa berisiko timbulnya penyakit kronis. Untuk membersihkan buah dan sayuran tidak hanya cukup dengan menggunakan air dari keran, karena hal ini tidak akan menjamin buah dan sayur bersih.

Proses pemasaran buah dan sayur biasanya dikemas dalam karung kemudian dikirim ke berbagai tempat transportasi hingga tiba di pasar tradisional atau supermaket, hal ini yang membuat buah dan sayur memiliki banyak kotoran yang melekat dan diperlukan dicuci hingga benar-benar bersih. Dalam membersihkan buah dan sayuran diperluhkan cairan pencuci khusus untuk buah dan sayuran, jika tidak, bisa berisiko keracunan. Beberapa toko sudah menyediakan dan menjual produk khusus untuk mencuci buah dan sayuran yang mampu membersihkan sisa pestisida dan bakteri secara efektif. Agar sayuran dan buah tidak mudah layu karena terlalu lama disimpan, Anda bisa membeli produknya yang masih dalam keadaan segar dan usahakan jangan disimpan lebih dari lima hari. Bakteri bisa saja tumbuh pada buah dan sayuran jika cara mencucinya tidak benar. Untuk membersihkan buah dan sayuran bisa Anda menggunakan bahan-bahan alami, seperti larutan garam dengan air panas, cuka dan air perasan jeruk lemon. Mari kita simak bersama-sama beberapa tips dan cara membersihkan buah dan sayuran.

  • Cuci bagian-bagian buah dan sayuran pada lipatan halus, tangkai bayam dan bagian kuntum bunga dengan menggunakan air mengalir. Jangan dicuci dengan direndam, hal ini dapat menyebabkan racun yang telah larut dapat menempel kembali pada buah dan sayur.
  • Cuci dengan menggunakan cairan pencuci khusus untuk buah dan sayuran. Dan Anda pun bisa menggunakan bahan alami untuk mencucinya dengan cara : ambil botol semprot tapi harus botol semprot yang bersih dan tidak pernah digunakan untuk bahan-bahan kimia, lalu 2 gelas air, 2 sdm air jeruk nipis dan 2 sdm baking soda. Campur lalu masukkan bahan tersebut ke dalam botol semprot, lalu mulailah menyemprotkan cairan pada buah dan sayuran, diamkan 5 menit lalu bilas dengan air mengalir juga dengan menggunakan sikat lembut. Jika Anda menggunakan pembersih produk lain, caranya cuci dengan sabun khusus untuk food grade, hal ini bisa membantu mengurangi residu menempel terutama zat lilin yang terdapat dalam buah dan sayuran.
  • Buang lapisan luar sayur yang berlapis-lapis seperti : selada kol dan sawi karena bagian ini banyak terdapat pestisida. Jika buah dan sayuran ingin langsung dikonsumsi, baiknya jangan lupa untuk merebus sayuran atau rendam dengan air panas dengan campuran garam, hal ini bisa membantu menurunkan residu pada sayuran dan buah. Kalau hanya untuk disimpan dalam jangka waktu beberapa hari di dalam lemari es, baiknya Anda tidak perlu menggunakan air panas untuk merendamnya karena bisa merusak buah dan sayuran dan mengurangi kesegarannya.

Usai mencuci buah dan sayuran, usahakan untuk selalu mengeringkannya dengan menggunakan kertas tisu sebelum dimakan atau disimpan ke dalam lemari es. Sebelum Anda mengkonsumsinya terlebih dahulu mengupas kulit luar buah dan sayur, cara ini paling mudah dan praktis jika Anda sedang terburu-buru. Mencuci terlalu awal lalu kemudian disimpan dalam waktu yang lama, hal ini mengakibatkan pertumbuhan bakteri dan pembusukan. Jadi cuci sayur atau buah pada saat akan digunakan. Ada beberapa jenis buah dan sayuran yang memiliki penanganan tersendiri agar steril, seperti : buah apel, cukup cuci dan gosok untuk menghilangkan zat lilin pengawet. Sedangkan buah barries dan anggur, bilas lembut dibawah air mengalir, jangan biarkan buah terendam dalam air karena bisa menghancurkannya. Buah dan sayur yang bersih akan membuat nutrisinya tetap terjaga dan membunuh bakteri. Nah, ini serangkaian tips yang saya berikan kepada Anda, semoga bisa bermanfaat buat Anda.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 12:46 AM

No comments:

Post a Comment