About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Friday, July 11, 2014

Cara Menata Dan Menghias Taman Rumah

Rumah akan sangat terlihat indah dan nyaman jika ditunjang dengan menciptakan taman yang indah. Taman akan memberikan kesan sejuk dan nyaman sehingga Anda pun betah berada di rumamah. Jika Anda memiliki pekarangan rumah yang luas, Anda pun bisa menatanya menjadi suatu taman yang indah. Taman bisa dibuat di depan rumah maupun dibelakang rumah. Selain taman mempercantik rumah, taman juga bisa berfungsi untuk area resapan air dan membuat rumah tampak lebih hijau. Sangat sayang jika taman tersebut tidak di tata dengan baik sehingga bisa menggurangi keindahan rumah Anda. Dengan adanya taman di sekitar rumah, Anda bisa bersantai sekaligus melepas penat dari seharian beraktivitas. Menata sebuah tanman perlu memperhatikan arah aliran air ketika hujan datang, jangan sampai terjadi aliran air ini jadi tergenang. Anda bisa membuat sumur biopori agar peresapan air lancar, sehingga memberi kenyamanan bagi pemilik rumah. Paving bisa menjadi pertimbangan Anda daam menata taman, tujuannya untuk menghindari rusaknya bunga-bunga di taman. Dalam menata taman rumah, harus di sesuaikan dengan luas lahan pekarangan rumah Anda, sehingga Anda lebih muda membuat taman sesuai dengan ukurannya. Perhatikan juga arah sinar matahari untuk taman, sehingga taman cukup mendapatkan sinar matahari. Taman yang kurang cukup mendapatkan  sinar matahari, tidak akan bisa tumbuh dengan baik. Menanam banyak tanaman hias akan berguna menyalurkan kegemaran berkebun dan membuat hati senang. Jangan sembarang memilih tanaman yang kesannya membuat hutan di halaman depan.

Menghias Taman 
Untuk menghias taman rumah rumah Anda, pertama-tama ukur taman terlebih dahulu, lihat posisi taman dan perhatikan yang ada di lokasi tersebut. Sesuaikan jenis tanaman atau bunga agar taman seolah menyatu.
  • Pilih ornamen taman yang ingin Anda buat, seperti : membuat kolam atau air mancur. Dinding taman dan bebatuan bisa digunakan tetapi harus sesuai bentuk rumah Anda. Pemilihan bunga-bunga mungil bisa disusun di sepanjang jalan masuk ke pintu. Tambahkan rerumputan dengan ukuran yang kecil sehingga terkesan hijau pada rumah Anda. Jangan mencampur tanaman bunga dengan tanaman obat-obatan di taman Anda. Buat tersendiri taman khusus untuk tanaman obat-obatan. Tanaman obat-obatan bisa Anda letakkan pada pot dan bisa juga di letakkan pada posisi di belakang pekarang rumah Anda saja.
  • Perlu di ingat, taman membutuhkan perawatan secara berkala, luangkan waktu untuk bisa merawat taman Anda sendiri, jika tidak, maka bentuknya tidak akan nampak indah lagi dan bisa menjadi sumber penyakit. Bunga dengan daun yang lebat dan rimbun akan menjadi sarang nyamuk jika tidak di jaga perawatannya. Lebih baik taman cukup ditanami beberapa jenis bunga dalam pot dan letakkan pot di sisi rumah atau tempat yang bisa dipandang mata. 
Tanaman jenis sukulen bisa menghiasi taman Anda, tanaman ini bisa di tanam dalam pot, bisa juga di tanah. Tambahan pondok kecil dan bangku kayu atau kursi kayu bisa Anda didirikan disekitar taman Anda, sehingga tampak indah dan nyaman bagi tamu-tamu Anda. Hal ini khusus bagi Anda yang memiliki taman yang luas. Taman merupakan aksesoris yang mengindahkan rumah, memberikan kesejukan dan kedamaian bagi anggota keluarga. Keindahan taman tidak dinilai dari luas atau sempitnya lahan pekarangan rumah Anda, tetapi dari cara menata dan menghias taman rumah. Taman yang cantik dan teratur bisa menyejutkan mata dan ketenangan bagi pemiliknya. Taman pun perlu dijaga kebersihannya dari sisa sampah atau kotoran dan ranting-ranting kering, dengan setiap seminggu sekali atau pada hari libur agar taman tetap tertata rapi dan dan terawat. Jangan sering menyiram bunga di taman, hal ini akan membuat tanaman kelebihan air, karena ada beberapa tanaman yang mudah busuk jika memiliki kadar air yang berlebihan. Memang agak sulit dalam menata dan menghias taman agar terlihat indah dan nyaman, tetapi tidak ada yang sulit jika Anda tetap rutin dan berkala menjaga keindahannya. Semoga informasi menata dan menghiasa taman rumah bisa bermanfaat buat Anda, jika ada saran dan kritikan, Anda bisa salurkan melalui email yang tersedia pada contact us.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 8:46 AM

1 comment:

  1. Maaf saya mau tanya,
    dalam penataan taman apakah seekmi memiliki keterampillan dan pelayanan yang terbaik?

    ReplyDelete