About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Sunday, July 27, 2014

Tips Dan Cara Membersihkan Noda Pada Toilet

Toilet atau kloset (WC) merupakan perlengkapan rumah yang utama digunakan sebagai pembuangan kotoran seperti air seni dan feses. Sering karena berbagai kesibukan kadang kita jarang memperhatikan kebersihan toilet, banyak yang menganggap membersihkan toilet membutuhkan waktu yang lama dan terlau sulit untuk membersihkannya. Jika dibiarkan begitu saja, bisa menimbulkan bau tak sedap. Toilet yang bersih sangat penting bagi kesehatan rumah Anda. Dengan perawatan dan perhatian khusus, maka toilet Anda tak akan mengalami hal yang buruk. Dalam membersihkan toilet diperlukan pilihan produk pembersih yang tepat. Pilihan produk pembersih, Anda bisa memilih yang standar karena memiliki kandungan pemutih yang disebut sebagai pemutih klorin. Produk pembersih jenis ini biasanya diberi pewangi untuk bisa menyegarkan udara di sekitar kamar mandi dan efektif menyingkirkan semua bau tak sedap pada toilet.

Produk borax juga bisa Anda gunakan sebagai bahan pembersih toilet yang berfungsi menghilangkan dan membersihkan secara tuntas dan juga dapat membersihkan noda yang membandel. Dalam pemilihan sikat untuk toilet juga perlu diperhatikan, Anda bisa memilih sikat toilet dengan bulu plastik atau penggosok anti gores. Jangan memilih sikat yang terbuat dari logam yang bisa merusak permukaan toilet Anda. Untuk membersihkan toilet, Anda bisa menggunakan kain yang tidak terpakai lagi. Gunakan pakaian pelindung pada saat menggunakan pembersih toilet dan juga gunakan alas untuk kamar mandi agar percikan cairan pembersih tidak tersebar ke peralatan kamar mandi tersebut dan juga jangan lupa untuk membuka jendela ventilasi kamar mandi. Beberapa cara di bawah ini bisa Anda terapkan dalam toilet kamar mandi Anda.

  • Dalam membersihkan semua noda yang terdapat dalam toilet, Anda harus bisa mengetahui seluruh permukaan toilet. Untuk memulai, matikan keran air pada toilet terlebih dahulu, lalu siram atau guyur toilet untuk menurunkan permukaan air di dalam toilet.
  • Dudukan toilet diangkat terlebih dahulu, alu semprotkan disinfektan di sekitar pinggiran dan bagian sisi toilet, lalu sikat dengan sikat toilet sambil menyebarkan disinfektan ke seluruh bagian toilet dan biarkan disinfektan bekerja.
  • Tutup toilet lalu ambil semprotan anti bakteri serta tisu untuk membersihkan bagian luar toilet. Bersihkan bagian luar tangki air, engsel dan seluruh bagian dudukan toilet serta bagian bawah toilet. Jangan lupa untuk mengangkat tutup toilet dan menyemprot kedua sisi dudukan toilet, area ini bisa jadi penyebab bau tak sedap.
  • Ambil sikat toilet dan gosok bagian dalam toilet sekali lagi terutama bagian bawah tepi toilet dan ke bawah pipa, lalu guyur toilet dan bilas sikat toilet dengan air bersih.
  • Untuk endapan kerak kapur pada toilet yang lebih berat, caranya gosok dengan batu apung yang telah dibasahi. Lakukan hal ini dengan sangat hati-hati agar tidak merusak permukaan toilet.

Setelah Anda melakukan beberapa cara diatas, maka toilet Anda akan nampak bersih mengkilat dan tak ada lagi bau tak sedap. Untuk membersihkan toilet secara alami, Anda bisa mempersiapkan dan menggunakan bahan-bahan alami, seperti : cuka, jeruk nipis dan sekaleng cola. Untuk membersihkan kotoran dan noda pada toilet, siapkan jeruk nipis dan skaleng cola lalu campurkan kedua bahan tersebut dan kemudian siramkan ke bagian sisi dan seluruh toilet Anda, biarkan selama satu jam setelah itu sikat toilet Anda. Sedangkan untuk pinggiran kloset atau toilet, Anda bisa mengoleskan boraks yang sudah dicampur dengan jeruk nipis, lalu diamkan selama dua jam dan lalu di gosok. Bahan cuka bisa juga bermanfaat untuk menghilangkan noda dan bau tak sedap pada toilet, dengan cara : tuangkan 3 cangkir cuka ke dalam toilet, lalu sikat dengan sikat toilet. Jika dilakukan tiap bulan, maka bisa mencegah munculnya noda kerak kapur pada toilet. Cara terbaik untuk mengontrol noda dan bau tak sedap pada toilet dengan cara memperhatikan perawatan sehari-hari. Biarkan sikat toilet terendam dalam air sabun, sehingga toilet Anda selalu siap untuk digunakan, lalu sediakan juga tisu sekali pakai di dalam kamar mandi Anda yang siap digunakan sehingga toilet terlihat bersih danberbau segar. Inilah serangkaian informasi yang saya bisa berikan kepada Anda, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat Anda.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 8:02 AM

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete