About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Sunday, July 6, 2014

Cara Menjaga Dan Merapikan Lemari Pakaian

Para wanita pasti memiliki berbagai macam koleksi pakaian dan diperlukan kebersihan suatu lemari penyimpanan pakaian. Dengan tetap menjaga dan merapikan lemari pakaian Anda, maka pakaian tetap tertata rapi dan harum. Lemari pakaian yang tidak tidak terjaga kerapiannya dan kebersihannya bisa membuat pakaian Anda terkena noda dan bau tak sedap (bau apek). Ambil sekuncup bunga melati, lalu taruh dalam sebuah botol terbuka lalu letakkan dalam lemari, maka lemari pun menjadi harum, jangan lupa menggantinya dengan bunga segar jika bunga itu sudah layu. Jika Anda mempunyai sebuah parfum atau eaude toilette yang sudah kosong, bisa Anda jadikan pengharum untuk lemari pakaian Anda, dengan cara buka tutup botolnya lalu taruh di lemari pakaian, maka Anda akan merasakan keharuman yang samar-samar. Untuk menjaga lemari pakaian Anda tetap harum dan awet, Anda bisa menaruh sabun wangi di antara pakaian. Menjaga kebersihan lemari pakaian, itu juga sangat di perlukan untuk menjaga pakaian Anda tetap terjaga dari jamur dan noda. Bersihkan lemari dengan menggeluarkan barang-barang yang ada di dalamnya. Jemur lemari pakaian atau dekatkan dengan cahaya sinar matahari, lakukan 2 kali seminggu atau 1 kali sebulan untuk menjaga kualitasnya. Lemari pakaian harus tetap kering dan tidak mudah lembab sehingga lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika lemari pakaian Anda terlanjur berjamur, bersihkan jamur dengan lap kering sampai hilang lalu lap dengan kain basah hinga sisa jamur benar-benar bersih. Bisa menggunakan minyak kayu putih atau minyak yang tidak di senangi semut di permukaan lemari. Jangan sampai meninggalkan bekas pada pakaian Anda, tunggu sampai kering lalu masukkan pakaian secara teratur. Kapur barus juga bisa digantung di dalam lemari, jangan menaruh langsung di bagian lemari bisa beresiko pakaian Anda terkena noda kapur barus. Dibawah ini adalah bagaimana cara merapikan lemari pakaian Anda.

Berdasarkan Warna Pakaian
Merapikan lemari pakaian bisa di mulai dengan cara warna dasar pakaian Anda, misalnya : warna hitam, putih, golongan warna kemerahan, kehijauan dan seterusnya.

Berdasarkan Bahan Pakaian
Mengatur lemari pakaian berdasarkan jenis bahan pakaian, penataan ini cocok untuk lemari pakaian yang punya banyak sekat. Anda bisa mengaturnya berdasarkan bahan pakaian, misalnya : bahan katun, linen, wol dan lain-lain. 

Memisahkan Warna Pakaian Putih
Baiknya Anda memisahkan pakaian dasar warna putih dengan pakaian dengan warna lainnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga baju dari kelunturan warna baju lainnya. Tempatkan pakaian putih pada tempat lemari khusus untuk penyimpanan pakaian putih.

Pisahkan Baju Luaran
Jika Anda memiliki baju luaran, bisa Anda simpan di tempat lain karena baju luaran mudah terselip dan ukurannya lebih kecil dan memiliki bahan yang lebih tipis.

Gunakan Hanger
Pakaian yang memiliki bahan dasar halus atau sutra, lebih baik di simpang dengan menggunakan hanger agar tidak mudah kusut dan mudah tertata rapi. Pakaian-pakaian yang resmi yang selalu Anda gunakan pada acara-acara tertentu atau acara pesta, bisa Anda menggunakan hanger untuk menyimpangnya.

Untuk mencegah kembalinya jamur bagian belakang lemari Anda, baiknya di lapisi dengan lakban serapat mungkin, hal ini berfungsi mencegah kelembaban lemari saat bersentuhan dengan dinding. Jangan masukkan pakaian yang belum terlalu kering, hal ini akan mengundang jamur dan dapat dijadikan tempat yang nyaman bagi semut bertelur. Susun pakaian secara bergantung akan memiliki sirkulasi udara yang lebih daripada pakaian yang di tumpuk. Jangan menempatkan lemari terlalu menempel ke dinding karena pada musim hujan dinding memilikitingkat kelembaban yang cukup tinggi dan bisa menyebabkan tumbuhnya jamur. Beri jarak sedikit antara lemari dengan dinding langsung.
Kebersihan juga merupakan hal yang perlu dijaga, agar pakaian tetap awet tanpa noda dan jamur. Lemari yang kurang terjaga kebersihan, bisa menimbulkan jamur dan bau apek yang bisa menggangu keharuman pakaian Anda. Jika lemari pakaian Anda tetap terjaga kebersihannya dari jamur dan bau apek, maka Anda pun akan merasa terinspirasi untuk merapikan lemari pakaian Anda sendiri. Inilah sebagian besar informasi saya berikan untuk Anda, semoga tips dan cara ini bisa bermanfaat buat Anda. Selamat bersih-bersih.



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 11:53 PM

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete