About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Thursday, July 31, 2014

Cara Membuat Sayur Singkong Tumbuk

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-sayur-singkong-tumbuk.htmlTanaman ubi kayu merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, baik ubi dan daun dapat diolah menjadi makanan. Ubinya bisa dibuat berbagai cemilan seperti kripik, ubi goreng, dapat dipadukan dengan cake, dan berbagai jenis kue tradisonal. Sedangkan daun singkong atau daun ubi kayu dapat diolah menjadi sayur dan juga bisa dipadukan dengan sayuran lainnya. Tanaman ubi kayu dapat kita temui di pekarang rumah dan juga bisa kita peroleh di pasar-pasar tradisonal. Daun ubi kayu (daun singkong) memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, seperti : kalori, fasfor, karbohidrat, kalsium, vitamin, protein, zat besi, lemak, vitamin B1 dan air. Jadi besar manfaat daun singkong untuk dapat dikonsumsi dan memenuhi nutrisi bagi tubuh kita setiap hari atau bisa Anda masukkan dalam daftar menu.

Manfaat dari daun ubi jalar adalah sebagai obat sakit kepala, obat untuk diare, mengatasi rematik, obat cacingan, dapat melancarkan pencernaan, menambah nafsu makan. Daun singkong bisa Anda olah menjadi sayuran yang nikmat sesuai dengan kreasi dan kesukaan Anda. Untuk pembuatan sayuran, pilih daun yang memiliki daun yang masih muda dan segar. Daun singkong yang memiliki tekstur daun yang keras, proses masaknya cukup lama. Sayur singkong merupakan sayuran yang nikmat apabila di konsumsi bersama dengan sambel pedas dan nasi hangat, sayur singkong juga merupakan salah satu makanan favorit saya. Berikut ini saya akan memberikan  resep sayur singkong tumbuk alah ruth (sayur tuttu'), pasti Anda menyukainya dan akan mencoba membuatnya, sebagai berikut : 

Bahan-bahan :
5 ikat Daun singkong (daun ubi kayu)
1/2 ons daging (bersihkan & potong dadu)
2 tangkai Serai (dimemarkan)
1 tangkai Daun bawang (di iris tipis)
Bawang merah (di iris tipis)
Bawang putih (di iris tipis)
Cabai merah kecil
Garam
Bumbu penyedap
2 sdm minyak goreng
Air (secukupnya) 


Cara pembuatan :
  • Bersihkan dan pisahkan daun singkong dari tangkainya lalu tiriskan. Tumbuk daun singkong sampai setengah halus. Jika Anda tidak memiliki tempat tumbukkan yang berukuran besar, Anda bisa menggunakan blender dengan kecepatan sedang. Setelah ditumbuk setengah halus masukkan ke loyang.
  • Panaskan minyak goreng ke dalam wajan, setelah itu masukkan bawang merah, bawang putih, serai dan daging, lalu tumis sambil di aduk rata, masukkan air secukupnya. Biarkan daging setengah matang, lalu masukkan daun singkong beserta cabai merah sambil di aduk sampai sayuran menyatu dengan bahan lainnya. Biarkan sampai sayur singkong jadi matang. Setelah matang, masukkan daun bawang, garam dan bumbu penyedap secukupnya sambil diaduk rata dan menyatu dengan bahan lainnya. 
  • Keluarkan dari wajan lalu tiriskan dan siap disajikan bagi keluarga Anda.

Sayur singkong tumbuk yang telah matang bisa Anda sajikan dengan nasi hangat dan sambel pedas. Jangan lupa pilih daging yang masih segar dan memiliki tekstur yang empuk. Bahan daging bisa Anda ganti dengan ikan teri, hmmm...pasti enak! Sayur singkong tumbuk bisa menambah nafsu atau selera makan makan seseorang. Mungkin sebagian besar ada yang memasak sayur singkong tumbuk tanpa daging. Nah, Anda bisa mencobanya jika Anda menyukainya karena sedikit perpaduan daging di dalamnya akan membuat sayur singkong tumbuk Anda akan lebih terasa nikmat. Saya menyukai perpaduan daging dengan sayur singkong. Pada saat saya memasak sayur singkong baik dengan cara di tumbuk atau di remas-remas (di gulung-gulung), pasti ada campuran dagingnya. Semoga resep masakan ini bisa bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!  



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 6:54 AM

2 comments: