About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Tuesday, July 22, 2014

Cara Menghasilkan Seni Memotret Yang Indah

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/07/cara-menghasilkan-seni-memotret-yang.htmlSeni adalah sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan atau intisari dari kreativitas. Untuk menghasilkan karya seni yang indah diperluhkan teknik dan cara memotret yang baik dan benar. Membuat foto indah diperlukan pemikiran-pemikiran dan ide yang kreatif dan dibantu juga dengan peralatan fotografi yang bagus. Sebelum pengambilan foto, Anda perlu berpikir dan mengerti tentang apa yang Anda ingin coba tangkap dari objek atau yang akan Anda ciptakan dari objek tersebut. Teknik memotret adalah menggabungkan atau memadukan unsur pencahayaan, unsur kecepatan rana dan bukan diafragma pada kamera. Saat mempotret di luar ruang cahaya matahari adalah sumber cahaya yang dari luar biasanya menjadi pengaruh. Kita harus pandai mengatur dan memanfaatkan cahaya pada objek yang kita ingin potret. Dalam memotret diperlukan komposisi yaitu bagaimana menempatkan objek photo pada bidang pemotretan sehingga menghasilkan point of view. Komposisi banyak berkenaan dengan rasa sehingga selalulah untuk mencoba mengasah kepekaan untuk mendapatkan komposisi yang maksimal dan cobalah untuk mensiasati dengan mengatur sudut pemotretan yang tepat dan unik. Memotret atau fotografi adalah sebuah kegiatan atau proses menghasilkan suatu seni gambar melalui media cahaya dengan alat yang disebut kamera dengan maksud dan tujuan tertentu. Seni yang paling utama dalam fotografi adalah komposisi karena dengan komposisi yang baik, maka foto yang dihasilkan akan mempunyai makna dan cerita yang bisa disampaikan. Berikut dibawah ini beberapa cara memotret yang baik sehingga dapat menghasilkan karya seni yang indah.

Potret Lebih Dekat Ke Point Of Interest
Pada saat Anda melihat objek, bergeraklah lebih mendekat agar frame atau foto terlihat terisi penuh oleh objek yang ingin difokuskan, usahakan jangan meninggalkan banyak ruang kosong karena hal ini akan terlihat tidak menarik oleh orang lain dan objeknya terlihat tidak detail.

Potret Dengan Cara Cepat Untuk Menangkap Momen
Jangan sampai terlalu lama dalam melakukan pengaturan pada kamera karena bisa kehilangan momen yang bagus pada objek, lakukan pemotretan segera mungkin dan secepat mungkin. Jangan khawatir tentang pengambilan gambar yang terlalu banyak karena gambar yang tidak bagus, nantinya bisa dihapus.

Hati-Hati Dalam Mengkomposisikan Objek Dalam Foto
Lakukan segala usaha terhadap foto, agar komposisi objek terlihat seimbang dan indah karena orang-orang lebih banyak merespon foto yang memiliki semua elemen yang seimbang. Usahakan foto mengarahkan mata menuju objek yang difokuskan dengan menggunakan garis atau pola.

Selektif Dalam Menampilkan Elemen-Elemen Dalam Foto
Seleksi dan jauhkan elemen-elemen yang dapat menggangu dan mengalihkan perhatian orang-orang ke objek utama sebagai fokus dari foto. Cara yang termudah untuk melakukannya adalah melakukan komposisi melalui jendela bidik kamera Anda. Cara lain untuk menyeleksi elemen-elemen dalam foto yaitu dengan melakukan foto editing dengan menggunakan software tertentu untuk menghilangkan elemen-elemen yang menggangu keindahan foto.

Fokus Pada Objek
Lakukan latihan memotret dengan menggunakan aperture yang berbeda dan periksa hasil foto tersebut untuk mempelajari bagaimana kedalaman fokus foto mempengaruhi hasil pemotretan Anda.

Bereksperimen Dengan Shutter Speed
Aspek yang paling dasar dan menyenangkan dalam dunia fotografi adalah bahwa Anda memiliki kemampuan untuk memperlambat kurun waktu atau menangkap objek super sekian detik. Gunakan teknik shutter speed yang lambat dan tipod untuk membuat foto yang cantik.

Perhatikan Arah Sumber Cahaya
Perhatikan posisi matahari untuk melihat dengan jenis cahaya yang Anda gunakan untuk memotret. Jika ingin menghasilkan foto siluet lakukan pemotretan dengan posisi matahari berada belakang objek, sebaliknya jika Anda ingin cahaya fokus pada objek maka lakukan pemotretan dengan posisi matahari berada di depan objek, sehingga dapat menghasilkan foto yang lebih bagus.

Perhatikan Cuaca
Jika mendung, hindari sebisa mungkin langit tidak tertangkap oleh kamera Anda dan hindari menjadi background foto Anda. Ketika hari cerah, lakukanlah pemotretan dengan menempatkan langit sebagai salah satu elemen dalam foto Anda. Gunakan filter polarizer pada kamera Anda untuk membantu Anda mebuat langit menjadi lebih biru, kaya warna kontraks dan efek indah lainnya.

Gunakan Mode Kamera Yang Cocok Buat Anda
Setiap kamera memiliki mode pemotretan, jangan terpaku untuk menggunakan mode auto atau program karena akan mengahasilkan foto yang kadang-kadang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Gunakan mode yang semi otomatis agar Anda bisa mengontrol settingan tertentu untuk mendapatkan foto yang lebih indah dan sesuai dengan keinginan Anda.

Berani Dalam Memotret
Jangan takut akan resiko dalam memotret objek apapun karena hal tersebut akan mematikan kreatifitas Anda dalam memotret untuk mendapatkan foto yang mengangumkan.

Fotografi merupakan kegiatan seni untuk itu dibutuhkan seorang fotografer yang betul-betul mengerti seni dan jenis fotografi yang ada pada dirinya. Inilah serangkaian informasi yang saya bisa berikan kepada Anda, semoga bisa bermanfaat buat Anda yang selalu memiliki semangat untuk belajar memotret.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 8:04 AM

No comments:

Post a Comment