About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Sunday, July 13, 2014

Cara Melatih Vokal Dengan Baik Dan Benar

Dalam seni tarik suara, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk mendapatkan kualitas suara yang merdu, indah dan powerful, yaitu teknik-teknik dasar dalam mengolah vokal yang baik dan benar. Menyanyikan sebuah lagu diperluhkan latihan vokal agar kita dapat mengetahui tinggi rendahnya sebuah nada, sehingga terjadi suatu keselarasan antara nada dan suara. Menjadi seorang penyanyi yang handal, tidak terlepas dari kata melatih atau mengolah vokal. Untuk memperoleh kemampuan dalam mengolah vokal yang baik dan benar, Anda bisa melakukannya sendiri atau dipandu oleh seorang tenaga profesional yang memang memiliki kemampuan dalam bidang olah vokal. Melatih vokal dengan baik dan benar sangat besar manfaatnya bagi Anda yang memiliki profesi sebagai penyanyi. Melatih vokal, selain membentuk karakter vokal kita, hal ini pun juga dapat melatih pernapasan dalam bernyanyi karena dibutuhkan nafas yang baik dan teratur. Selain itu, dengan melatih vokal, Anda akan lebih pekah dengan nada-nada rendah maupun nada-nada tinggi jika disertai dengan alat musik. Olah vokal juga bisa melatih intonasi dan keselarasan suara dengan nada dan musik yang mengiringi Anda. Seseorang yang memiliki suara yang bagus tetapi jika tidak di sertai dengan latihan vokal, maka keselarasan suara dengan nada tidak akan terjalin secara harmonis, sehingga kedengarannya selalu ada false. Saya pun menyukai seni tarik suara dan sampai sekarang saya masih terus belajar untuk melatih vokal sendiri (otodidak), karena ini sudah merupakan hobi dan kegiatan rohani. Bukan hanya sekedar menyanyi dan memiliki suara yang bagus tetapi harus memiliki teknik yang baik dan benar dalam menyanyikan sebuah lagu disertai dengan keselarasan alat musik. Bagi Anda pemula, jangan pernah berkecil hati dengan suara yang pas-pasan, jika Anda melatih vokal dan terus melatihnya, pasti menghasilkan suara yang merdu dan indah kedengarannya. Ada beberapa yang perlu diperhatikan pada saat melatih vokal, antara lain sebagai berikut :

Artikulasi (Pengucapan Kata Dengan Benar)
Mulailah melatih mengucapkan kata dengan jelas dan benar lanjut sampai mengucapkan kata yang rumit. Lakukan dengan kecepatan rendah lalu dilanjutkan dengan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga Anda bisa mengucapkan kata yang benar dalam menyanyikan sebuah lagu.

Pernapasan Dalam Olah Vokal
Mulailah dengan menghirup udara dan kemudian disimpan dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai keperluan dan kemampuan Anda. Pernafasan ada 3 macam, yaitu : pernafasan perut, pernafasan dada dan pernafasan diafragma. Pernafasan perut, dada dan diafragma dilakukan pada masing-masing pada perut, dada dan diafragma, pertama-tama tahan nafas beberapa detik dan keluarkan berlahan-lahan. Pernafasan dari perut akan melatih organ pernafasan pada tubuh bagian belakang sedangkan pernafasan diafragma cocok dipakai untuk mengeluarkan suara yang panjang dan melengking yang baik. Lakukan dengan rutin dan terus-menerus samapi benar-benar menjadi kebiasaan agar bisa mengatasi nada-nada yang tinggi atau nada yang terlalu rendah.

Kekuatan Suara
Kekuatan suara berhubungan dengan pernafasan, jika pernafasan bagus, baik dan benar, maka kekuatan yang dikeluarkan dari suara bisa dilakukan. Kekuatan suara bukan berarti harus berteriak sekeras-kerasnya tetapi kejelasan suara yang perlu tetap terdengar jernih. Cara yang lain bisa Anda lakukan, cobalah meniup lilin dari jarak 1,5 meter hingga padam, lakukan 20-30 kali sehari untuk mendapatkan power vokal Anda.

Sebelum melakukan teknik atau cara melatih vokal diatas, terlebih dahulu lakukan pemanasan standar yaitu dengan cara mengerakkan anggota badan dari kepala sampai kaki, agar tubuh menjadi lentur dan ini bermanfaat bagi kondisi tubuh untuk tetap terjaga. Pemanasan lain yang bisa Anda lakukan adalah melakukan olahraga ringan. Lakukan cara melatih vokal diatas dengan rutin dan teratur, sehingga bisa memberi hasil yang optimal. Suara pun akan selalu mengalami masalah dengan kondisi tubuh yang tidak fit, maka diperlukan instirahat yang cukup dan kurangi makan makanan dingin seperti : es, dan kurangi makan makanan gorengan. Jangan mudah bosan untuk melakukannya, jika ingin mendapatkan suara yang merdu, indah dan memiliki powerful. Jangan pernah berhenti untuk terus berlatih dan terus belajar dari orang lain untuk melatih vokal Anda. Semoga serangkaian informasi ini bisa bermanfaat buat dan membuat Anda semakin semangat untuk berlatih.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 5:23 AM

21 comments:

  1. kalo nada tinggi di imbangi dengan suara tenggorokan bagus ga iya ??? by software karaoke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klau menurut saya bro, nada tinggi baiknya di imbangi dari perut. Tks ya sdh berkunjung di blog kami :)

      Delete
  2. Ternyata tidak semudah yang di bayangkan yaa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul bro, untuk tetap menjaga kualitas suara diperlukan latihan. Tks bro sdh berkunjung di blog kami. :)

      Delete
  3. Harus terus dilatih,gak boleh menyerah ni :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, betul sekali bro. Tks bro udah berkunjung di blog kami :)

      Delete
  4. Mbak, gimana sih ngelatih suara diafragma itu? Aku blm bisa. Mohon bantuannya mbak. Terus ciri" suara diafragma pas nyanyi tu juga gimana.

    ReplyDelete
  5. Suara ane kaya dengung2 dan getar gtu klo lg nyayi kata temen2 ane..itu bisa dirubah ga sih???

    ReplyDelete
  6. Masih banyak yang belum tau ternyata teknik belajar vokal seperti ini,thanks gan

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Pengen punya suara yang minimal enak didenger deh. Ga harus bagus...
    Minta tips2nya dong guys...

    ReplyDelete
  10. Pengen punya suara yang minimal enak didenger deh. Ga harus bagus...
    Minta tips2nya dong guys...

    ReplyDelete
  11. Wah ternya susah juga ya.....
    tapi Boleh DICOBA itu
    terimakasih sudah di ijinin Comet... salam

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete