About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Friday, August 8, 2014

Cara Merawat Tanaman Bunga

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/08/cara-merawat-tanaman-bunga.html
Tanaman Bunga
Tanaman bunga merupakan tanaman yang mampu mempecantik halaman rumah mau pun di dalam rumah. Bagi Anda pencinta tanaman bunga, bisa diinsiprasikan dengan rumah minimalis Anda agar terlihat segar, rapi, menawan dan cantik. Dalam menanam sebuah tanaman bunga, perlu diperhatikan perawatannya setiap hari tetap segar, sehat, tumbuh dan menghasilkan bunga dan buah yang segar dan sehat pula. Tanaman bunga yang hidup di halaman rumah walaupun cukup menerima siraman air, tetapi perlu di perhatikan kesehatannya, baik dari daun, bunga, dan akarnya, juga memperhatikan perawatannya. Sedangkan tanaman bunga yang berada di dalam pot, perlu cukup penyiraman air dan sinar matahari, juga dalam perawatannya setiap hari perlu diperhatikan.

Menanam tanaman bunga dan merawatnya merupakan suatu seni bahkan kadang sudah menjadi hobi setiap orang yang menjadi pencinta tanaman bunga. Tahukah Anda dengan memiliki hobi dalam menanam dan merawat tanaman bunga, mampu menghilangkan stres dalam berbagai aktivitas yang padat, juga menyegarkan pikiran yang sedang suntuk. Bagi Anda yang memiliki pekarangan rumah kecil, Anda bisa manfaat untuk menanam beberapa tanaman bunga yang Anda sukai, sehingga membuat rumah minimalis Anda nampak indah. Selain merawat tanaman bunga agar selalu tampak segar dan indah, di perlukan juga menata dan menghias taman rumah, untuk yang satu ini Anda bisa baca lebih lanjut cara menata dan menghias taman rumah. Saat ini kita akan membahas bagaimana cara merawat tanaman bunga, Anda bisa memperhatikan beberapa tips dibawa ini, sebagai berikut :

Cukup Cahaya Matahari Dan Udara
Tanaman bunga yang ditanam di pekarangan rumah atau di halaman, sudah cukup menerima sinar matahari dan udara, tetapi itu hanya untuk jenis tanaman tertentu yang dimana memerlukan cukup cahaya matahari dan udara. Sedangkan tanaman bunga yang ditanam dalam pot yang diletakkan dalam ruangan, baiknya sesekali dikeluarkan untuk mendapatkan cukup sinar matahari dan udara, jika tidak maka tanaman bunga tersebut tidak akan menghasilkan bunga dan buah walau memiliki daun-daun yang segar.

Proses Penyiraman
Tanaman perlu cukup penyiraman air dengan cara disemprot mulai dari daun sampai menyerap ke akar, lakukan pada pagi hari atau sore hari. Untuk tanaman yang berada dalam pot dan di dalam ruangan, perlu penyemprotan agar tanaman nampak segar, tetapi jangan terlalu keseringan karena tanaman yang di dalam ruangan tidak membutuhkan banyak air karena penguapannya sedikit.

Proses Pemupukan
Agar tanaman bunga Anda subur dan menghasilkan bunga, daun dan buah yang sehat dan segar, diperlukan pemupukan dengan cara penyemprotan pada daun sehingga dapat meresap sampai ke akar. Proses pemupukan usahakan jangan melalui tanah atau di dalam pot karena sulit di serap oleh akar tanaman dan hanya mengendap bersama air di dalam pot. Pemberian pupuk harus berdasarkan dosis yang telah di tentukan dalam kemasan pupuk.

Proses Pemangkasan
Untuk membentuk tanaman bunga Anda tertata secara teratur dan mempercantik tampilan tanaman bunga, Anda bisa melakukan pemangkasan, sehingga cabang-cabang tanaman bunga beraturan. Hal ini dilakukan untuk menghindari tanaman bunga dari serangan hama, jamur dan penyakit dan memicu timbulnya bunga-bunga baru yang indah.

Proses Pergantian Pot
Tanaman bunga yang ditanam dalam pot perlu adanya pergantian pot, jika tidak bisa menghambat pertumbuhan tanaman bunga Anda, karena tanaman bunga bisa saja tidak muat dalam pot dimana tanaman bunga bertambah besar, Anda bisa lakukan proses ini setiap 3-4 bulan sekali. Hal ini juga bermanfaat agar Anda bisa membersihkan akar tanaman yang mungkin sering menjadi sarang semut atau hama, jika hal ini terjadi Anda bisa menyemprotnya dengan bahan insektisida.

Nah, agar tanaman terawat setiap hari, Anda bisa melakukan beberapa tahap diatas, sehingga tanaman bunga Anda tetap sehat dan nampak segar. Dalam perawatan tanaman bunga, Anda perlu memperhatikan penempatan lokasi, suhu dan kelembabannya, karena ada beberapa jenis tanaman bunga yang memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, jadi perlu diperhatikan dalam merawatnya setiap hari. Dalam proses tersebut diatas harus tetap bersih agar tidak mengundang kutu daun, ulat, jamur, lalat putih dan trips. Jika hal ini sudah terjadi lebih baik Anda cepat menindaklanjuti dengan cara menyemprotnya dengan bahan khusus untuk hama tanaman bunga atau Anda bisa mengatasinya dengan membersihkannya dengan air hangat. Hama ini sering menyerang daun pada tanaman bunga Anda. Dengan perhatian yang khusus terhadap perawatan tanaman bunga Anda, akan membuat tanaman semakin hari sehat dan indah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang memiliki hobi pencinta berbagai jenis tanaman bunga.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 7:15 AM

31 comments:

  1. makasih gann buat infonya....untuk pemupukan nya, sebaiknya diberikan nya berapa kali sekali ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan, untuk dosis pemupukan sebaiknya Anda melihatnya dalam kemasan pupuk karena setiap jenis tanaman berbeda2 ..... :)

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga gan, sdh mampir di blog kami :)

      Delete
  3. Bagus banget, biar bunga di rumah makin cantik dan indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bro, senang Anda bisa berkunjung di blog kami :)

      Delete
  4. Terima kasih atas informasinya sangat bermafaat bagi kami, bila Anda memiliki masalah pada tanaman Anda bisa konsultasikan bersama pakrnya melalui forum tanaman. kunjungi saja http://tanaman.id/ untuk konsultasi tanaman atau jual beli tanaman, ada tanaman gratis buat anda setiap mencapai jumlah post tertentu, buruan daftar !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 bro, entar kami juga akan berkunjung blog Anda. Tks ya udah berkunjung ke blog kami :)

      Delete
  5. kunjungi forumnya orang yang suka berkebun , ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok bro, ditunggu kunjungan balik kami ya. Makasih udah berkunjung ke blog kami :)

      Delete
  6. Ok, tunggu kunjungan balik kami ya. Tks udah berkunjung ke blog kami :)

    ReplyDelete
  7. Ok, makasih udah berkunjung ke blog kami :)

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Kalau Untuk perawatan pot gantung sama gak sis? apa perlu diganti juga?

    ReplyDelete
  10. Nice inpoh..
    kalo pupuk yang bagus untuk tanaman bunga itu apa ya. Yang diseprot bahannya. Makasih.

    ReplyDelete
  11. kira-kira bunga apa yang bagus untuk tanaman rumah?

    ReplyDelete
  12. terimakasih infonya min.... bila ada waktu berkunjung di lentera-blog.blogspot.com yaaa

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. Makasih infonya bermanfaat sekali
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com

    ReplyDelete
  15. Nah ini cara yang paling tepat untuk merawat tanaman bunga, kadang banyak orang yang masih belum tahu bagaimana cara yang benarnya. Memang ada sebagian bunga yang punya cara khusus dalam perawatannya dan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

    ReplyDelete
  16. Saya lebih ccok di point yang pertama " Pencahayaan Yang Cukup " kebanyakan orang memelihara tanaman sering di tempatkan di dalam rumah, atau kalu diluar rumah biasanya di taruh dibagian teras rumah tentunya tidak mendapatkan Sinar Matahari yang cukup, akhirnya Tanaman menjadi kerdil...

    ReplyDelete
  17. Terima ksih atas informasinya... Dengan adanya postingan ini saya jd lebih mengerti cara merawat bunga.
    Jual Bunga Mawar Murah

    ReplyDelete
  18. Rumah tanpa halaman yang dipenuhi tanaman tidak lah rimbun dan sedap dipandang
    terimakasih infonya ya?
    layak dicoba dan di praktekan nih
    hehehehehe
    :)

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. makasih untuk info perawatan tanaman bunganya, sangat bermanfaat!

    ReplyDelete