About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Thursday, July 10, 2014

Tips Menata Dan Merapikan Ruang Dapur

Ruang dapur merupakan ruang atau tempat berkumpulnya keluarga dalam bersantap dan bercengkerama. Berbagai aktivitas bisa membuat dapur jadi berantakan dan kotor, seperti : menyiapkan masakan untuk pagi hari, siang hari dan malam hari. Dapur merupakan ruang paling aktif dibandingkan ruangan lainnya dan merupakan tempat yang memegang peranan penting. Tak heran jika ruangan dapur Anda mudah kotor dan berantakan. Dengan memperhatikan cara penataan peralatan dapur Anda, maka dapur akan tetap terlihat cantik setiap hari. Tatanan dan desain yang berlebihan tidak mendukung fungsi sebuah dapur. Warna yang cocok untuk penataan dapur Anda adalah warna polos terang atau warna ceria dan cerah seperti : warna putih dan cream, hindari penataan dapur Anda dengan warna gelap, dapur Anda akan terkesan gelap dan tidak hidup dan juga bisa jadi sarang nyamuk. Untuk pemilihan warna pada peralatan dapur bisa Anda memilih warna apa saja yang disukai. Siapapun yang datang keruangan dapur Anda akan merasa senang dan gembira, karena tatanan yang rapi, teratur dan cantik. Untuk mempercantik ruang dapur, Anda bisa  menambahkan sedikit hiasan, seperti : vas bunga atau pot tanaman, sehingga suasana dapur Anda nampak segar dan sejuk. Ruang dapur pun perlu ventilasi udara, seperti : jendela untuk pertukaran udara (sirkulasi udara) dan cahaya yang lebih, sehingga sirkulasi udara dalam ruangan tersebut terasa segar. Anda akan terasa nyaman beraktivitas di dapur dan lebih semangat atau ter-inspirasi untuk berkreasi menyediakan menu makanan yang di sukai oleh keluarga Anda.

Merapikan Ruang Dapur 
  • Bersihkan dapur dengan menyapu lantai dan lap debu diatas dapur, laci dan tempat-tempat penyimpanan lainnya, agar ruangan tetap terlihat bersih dari debu dan kotoran.
  • Barang yang tidak terpakai lagi lebih baik di simpang dalam lemari penyimpangan, seperti : peralatan dapur yang mungkin tidak terpakai lagi (mixer, loyang dan cetakan-cetakan kue). Sediakan banyak laci pada lemari untuk penyimpanan barang yang jarang digunakan, hal ini membuat dapur terlihat lebih rapi, bersih dan luas.
  • Buang semua kertas catatan Anda yang tidak perlu lagi dan magnet kulka yang tidak terpakai lagi. Usahakan jangan menggunakan lemari es sebagai tempat penyimpanan toples dan segala jenis barang, hal ini dapat menimbulkan debu bersarang. Barang yang jarang dipakai sebaiknya di simpang di dalam lemari tertutup, agar terlihat rapi, teratur dan tertata baik sesuai posisinya.
  • Letakkan dan simpang peralatan dapur sesuai dengan urutan semestinya atau urutan logis pengerjaannya, seperti : bumbu dapur simpang dekat tempat memasak, panci, wajan dan sodet dekat kompor, rak piring simpang dekat kompor dan tempat cuci piring, sehingga mempermudah penyajian makanan dan mempercepat pekerjaan Anda di dapur.
  • Tata dengan baik penyimpanan piring, gelas dan peralatan dapur lainnya di dalam lemari kacar transparan atau bisa di gantung di rak gantungan. Area-area ini perlu di perhatikan kebersihannya dan kerapiannya setiap hari untuk menghindari kesan buruk pada tatanan dapur Anda.
  • Pisahkan barang yang diperlukan dengan yang tidak. Sebaiknya barang yang tidak diperlukan lagi, diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan atau jual kembali dengan harga murah.
  • Biasakan kembalikan barang ke tempatnya semula setelah dipakai, sehingga pada saat Anda membutuhkannya, Anda lebih mudah mencarinya dan mempermudah kegiatan Anda di dapur.
  • Gunakan label untuk mempermudah keluarga Anda mencari keperluan mereka, cara ini juga mempermudah pengelompokkan dan merapikannya kembali.
  • Buat pengelompokkan untuk setiap persediaan kopi, seperti : mug, gilingannya dan biji kopi dalam satu tempat khusus. Pengelompokkan bisa juga Anda lakukan pada bahan kue ke dalam satu laci.
  • Produk-produk yang sudah kadaluwarsa, lebih baik disingkirkan dan yang menurut Anda tidak dapat di konsumsi lagi. Coba tulis tanggal kadaluwarsa pada kemasan makanan yang baru Anda beli, sehingga Anda bisa mengontrol dengan menggantikannya dengan yang baru dan kesehatan tetap terjaga.
  • Periksa keadaan lemari penyimpanan makanan Anda, pastikan tidak bisa dimasuki tikus dan kecoa.
  • Sediakan keranjang sampang dan bagi dua bagian, yaitu tempat sampah untuk sampah kering dan tempat sampah untuk sampah basah.
  • Perhatikan wastafel Anda, apakah masih bagus dan bersih, juga salurannya apa masih lancar atau tidak. sehingga bisa di tindaklanjuti penataannya yang lebih baik.
Penataan yang teratur pada ruang dapur akan mempercantik dapur Anda, sehingga lebih banyak berkreasi dengan makanan-makana favorit Anda. Siapapun yang berada dalam ruang dapur Anda, akan terkesan menyenangkan dan mereka akan lebih betah bercengkerama dengan Anda. Inilah serangkaian tips yang saya bisa berikan kepada Anda, semoga membangun inspirasi Anda dalam berkreasi menyediakan menu masakan enak buat keluarga Anda.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 4:57 AM

2 comments:

  1. bagaimana cara agar kecoa tidak ada didapur?
    www.peluangproperti.com

    ReplyDelete
  2. yang paling bikin berantakan memang rak piring, harus sering ditata.

    ReplyDelete