About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Monday, July 14, 2014

Tips Menjaga Kualitas Suara Yang Baik

Suara pun sering mengalami masalah pada saat kondisi tubuh tidak stabil atau tidak fit. Suara berkaitan dengan pita suara yang letaknya di dalam tenggorokan. Kualitas suara seseorang terletak pada pita suara, jika pita suara mengalami masalah, maka suara yang dikeluarkan akan terdengar tidak enak. Masalah pada pita suara biasanya diakibatkan suhu udara, makanan atau minuman dan masalah biologis lainnya. Kebiasaan seperti ini dapat melukai dan merusak pita suara. Makanan yang perlu dihindari untuk tetap menjaga kesehatan pita suara adalah makanan-makanan yang bersifat goreng-gorengan, makanan terlalu pedas, minuman yang terlalu dingin (es batu), mau pun makanan yang terlalu berbumbu. Hindari minuman yang mengandung alkohol dan yang mengandung gula, istirahat dengan teratur agar badan tidak mudah terserang penyakit. Suara indah merdu dan menarik merupakan anugerah dan perlu disyukuri, karena tidak semua orang memiliki suara yang indah. Jika anda memiliki suara indah sebaiknya tetap menjaganya agar tetap memiliki kualitas suara yang indah. Untuk tetap menjaga kualitas suara, selain menghindari berbagai hal yang dapat merusak dan melukai pita suara, perlu juga melatih vokal dengan baik dan benar. Anda bisa menbacanya lebih lanjut pada artikel cara melatih vokal dengan baik dan benar. Memiliki suara yang indah dan dinikmati banyak orang tidak hanya dimiliki oleh para penyanyi, semua orang pun juga berhak memilikinya. Jika kondisi kesehatan Anda terganggu baiknya Anda memulihkannya terlebih dahulu dengan minum obat da istirahat yang cukup, karna kondisi ini bisa mempengaruhi kualitas suara Anda pada saat menyanyikan sebuah lagu. Usahakan jangan dipaksakan dulu untuk bernyanyi jika memang tubuh Anda dalam kurang fit. Beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kualitas suara Anda.

Minum Air Putih Secukupnya
Air putih berfungsi melembabkan tenggorokan yang kering setelah kebanyakan mengeluarkan suara. Air putih hangat juga sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan pita suara Anda, karena dapat menghindari berdahak yang berlebihan yang dapat menyebabkan suara jadi parau.

Istirahat Yang Cukup
Selain tubuh memerlukan istirahat, suara pun perlu diistirahatkan. Mereka yang sehari-harinya banyak menggunakan suara, disarankan untuk mengistirahatkan suaranya untuk sementara waktu, hal ini untuk mencegah timbulnya benjolan-benjolan di pita suara karena pemakaian suara yang berlebihan.

Hindari Pemicunya / Penyebabnya
  • Hindari Berteriak --> pada saat sedang marah atau merasa frustasi, usahakan jangan sampai berteriak sekuat tenaga atau berlebihan karena dapat merusak lapisan pita suara. Berteriak terus menerus dapat membuat suara Anda jadi serak dan tenggorokan Anda terasa sakit dan bisa mengakibatkan resiko kerusakan jangka panjang pada pita suara Anda.
  • Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol --> merokok dapat meningkatkan resiko kanker tenggorokan dan asap rokok bisa membuat pita suara iritasi, pembengkakan, mulut, hidung serta paru-paru. Minum minuman beralkohol dapat menyebabkan lipatan pita suara jadi merenggang.
  • Hindari Stres --> stres yang berlebihan bisa mengakibatkan menurunnya kualitas suara dan konsentrasi untuk menurun sehingga pada saat Anda bernyanyi jadi tidak percaya diri.

Berolahraga Yang Cukup
Olahraga yang teratur mampu membuat kondisi tubuh menjadi fit sehingga kualitas suara tetap terjaga secara prima, contohnya: olahraga renang. Dengan berolahraga, bisa membantu mengatur pernafasan Anda pada saat bernyanyi.

Beberapa hal diatas bisa Anda lakukan untuk tetap memiliki kualitas suara yang baik. Dalam teknik bernyanyi, jagalah agar tenggorokan dan otot leher tetap selalu rileks pada saat menyanyikan nada tinggi maupun nada rendah, seperti : pada saat Anda menyanyikan nada tinggi, kepala dimiringkan, begitupun juga pada saat Anda menyanyikan nada rendah, kepala ditundukkan sedikit, hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda dalam teknik bernyanyi yang baik dan benar dan bisa mengontrol tinggi dan rendahnya sebuah nada dalam sebuah lagu yang akan dinyanyikan. Pemanasan pun bisa Anda lakukan untuk menjaga kualitas suara Anda, dengan cara melakukan perenggangan pada leher dan bahu atau latihan dulu dengan bernyanyi-nyanyi kecil sebelum pentas dimulai. Itulah serangkaian informasi seputar tips menjaga kualitas suara, semoga bisa bermanfaat buat Anda dan tidak ada salahnya jika Anda coba untuk melakukannya.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 8:47 AM

2 comments:

  1. Portal Energi Mampu Memperbaiki kualitas suara, memproduksi suara yang lebih baik dan jelas , sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring, keilmuan ini cocok untuk anda yang bekerja sebagai seniman, paduan suara, vokalis band dll


    Telepon : 0812 8202 7639 / 085 777 269 266

    http://pelatihanintienergi.com/portal-energi.php

    ReplyDelete
  2. Makanan yang pedas memang tidak baik bagi suara kita kalau dikonsumsi terlalu banyak atau sering, tapi apakah kalo tidak sengaja mengkonsumsi yang terlalu pedas dapat menggangu kualitas suara kita , atau dapat merubah karakter suara kita ?
    Makasih :)

    ReplyDelete