About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Saturday, July 12, 2014

Cara Kerja Musik Bagi Otak

Musik memiliki efek bagi siapa pun yang mendengarkannya, baik efek positif maupun efek negatif, tergantung dari pemilihan musik Anda. Musik yang setiap hari kita dengar memiliki kekuatan khusus untuk menggerakkan emosi kita. Musik membuat kita menjadi riang, sedih bahkan terharu sampai meneteskan air mata. Musik mampu mengubah suasana hati kita dan bahkan bisa membantu kita untuk berkonsentrasi, seperti : mengikuti sebuah perlombaan, mempersiapkan ujian atau menghilangkan stres. Musik memberikan ransangan pada otak untuk bereaksi terhadap rangsangan positif bagi kita, seperti : makan, minum dan sebagainya dan memperkuat perilaku kita agar bisa melakukannya lagi. Musik mampu bekerja meningkatkan mood atau suasana hati seseorang, seperti seseorang mendengarkan musik mendorong unutk bisa melewati hari yang berat, mendengarkan musik pada saat menyetir mobil agar kita tetap terjaga. Manfaat musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebanyak 15 % serta meningkatkan efesiensi energi hingga 1-3%. Menggunakan musik bisa mengekspresikan hal-hal yang tidak dapat mereka ungkapkan dengan kata, dengan kata lain musik adalah serangkaian ungakapan isi hati seseorang. Musik sering digunakan pada pasien karena musik bisa membantu meredahkan rasa sakit, kecemasan dan bisa meningkatkan kualitas hidup pasien. Pengaruh jenis musik berbeda-beda terhadap suasana hati, hal ini sangat tergantung pada preferensi individu dan kebiasaan seseorang. Berbagai musik yang beredar sekarang di pasaran, Anda pun bisa memilih yang Anda suka. Musik bisa memberikan inspirasi untuk Anda untuk terus berkaya dan bekerja secara efektif. Dibawah ini beberapa cara kerja musik bagi otak kita.

> Musik Menggali Kembali Kenangan Yang Hilang
Bagi anda yang memiliki masalah memori, musik bisa bekerja pada otak untuk menggembalikan kenangan-kenangan yang mungkin Anda sudah lupakan, cara ini sering digunakan kepada pasien sebagai metode pengobatan. Metode ini lebih efektif daripada melakukan wawancara  pada pasien.

> Musik Mengasah Dan Mendeteksi Emosi
Musik bekerja pada otak manusia agar manusia menjadi detektor emosi yang lebih baik. Otak pada para musikus mampu merespons emosi lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan non-musikus.

> Musik Menghalangi Kebisingan
Otak yang mengalami penuaan tidak akan mampu meredam kebisingan. Musik bekerja pada otak yang masih segar dan mampu meredam bising lebih baik, hal ini biasanya dialami oleh kanak-kanak saat mendapatkan pelajaran musik dan bahkan sampai mereka sudah dewasa. Otak mereka mampu mendeteksi suara tertentu di tengah kebisingan.

> Musik Mengajarkan Bahasa Asing
Nada dan melodi membuat otak bekerja memberi respon pada telinga dan lidah kita untuk lebih mudah mempelajari lagu-lagu berbahasa asing. Pada saat Anda sering mendengarkan dan mengulangi frasa dengan irama dan frasa dengan nyanyian, maka hal ini bisa memberikan hasil yang lebih tinggi untuk bisa melafalkan ulang bahasa asing dari musik tersebut.

Jika kita merasa cemas atau stres, musik mampu mendorong korteks serebral di otak untuk menghasilkan gelombang frekuensi alpha yang lambat dan mampu menghasilkan gelombang beta yang cepat, sehingga kita siap untuk berkonsentrasi. Musik bisa digunakan sebagai penggobatan yang efektif dan positif bagi orang-orang yang berurusan dengan kondisi kesehatan mental. Mendengarkan musik bisa memberikan dorongan suasana hati yang berhubungan dengan pekerjaan. Pada saat mendengarkan musik ketika dalam perjalan menuju ke tempat kerja dapat membantu mereka menghilangkan stres dan memberikan semangat. Musik bisa membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit. Jadi musik pun merupakan salah satu alternatif untuk proses penyembuhan. Musik klasik merupakan salah satu musik yang membawah perasaan seseorang lebih tenang dan rileks. Kesehatan mental dan pikiran Anda, bisa dijaga dengan musik yang menenankan dan membuat Anda jadi rileks. Bagi Anda yang menyukai musik, biarkanlah itu menjadi inspirasi Anda untuk tetap terus memiliki semangat hidup, memotivasi dan menambah semangat ke arah yang positif. Saya sarankan untuk memilih musik yang membangkitkan semangat Anda. Bijaksanalah dalam memilih musik untuk kesehatan dan kerja otak Anda, karena dalam salah pemilihan musik, bisa mempengaruhi kesehatan mental, pikiran dan fisik Anda  Inilah serangkaian informasi tentang musik bagi otak, semoga bisa bermanfaat buat Anda.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 7:15 AM

No comments:

Post a Comment