About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Friday, July 18, 2014

Cara Membuat Cake Yang Sempurna

Kue bolu atau bolu (cake) adalah kue yang berbahan dasar tepung, gula dan telur. Pada umumnya kue bolu atau cake dimatangkan dengan cara dipangang di dalam oven. Cake biasa disajikan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa pesta ulang tahun atau resepsi pernikahan. Cake yang sudah matang biasanya dihiasi dengan krim mentega dengan tambahan cokelat butir, permen warna warni. Istilah cake sering digunakan untuk berbagai jenis makanan, walaupun bahan dan teknik pembuatannya tidak sama dengan cake. Biasanya cake sebelum dipanggang, adonan cake sering ditambahkan berbagai bahan perasa dan aroma, seperti bubuk coklat, bumbu kue lapis, pandang, pisang, tapai singkong, kacang-kacangan, kismis, dan buah-buahan kering lainnya. Kue bolu atau cake yang sudah matang bisa dibelah horizontal untuk diolesi krim mentega, vla, pasta cokelat, krim keju, selai, atau diperciki dengan campuran sirup atau rhum. Sedangkan cake yang berukuran besar bentuk persegi empat atau bundar dimaksudkan untuk dipotong-potong pada saat mau dijual atau disajikan. Kue bolu atau cake yang digulung dan berisi krim mentega atau selai sering disebut bolu gulung. Berdasarkan jenis dan pembuatannya, cake dikategorikan kedalam dua kelompok, yaitu : butter cake dan sponge cake. Cake juga merupakan cemilan yang bisa dinikmati setiap Anda bersantai. Bagi Anda yang suka atau hobi ngemil, bisa membuat camilan sendiri yang lezat dan menarik dan pembuatannya juga cukup sederhana. Cake buatan sendiri bisa menjadi sajian untuk keluarga tercinta. Mari kita simak bersama cara membuat cake yang bisa menghasilkan cake yang sempurna.

* Hangatkan Telur
Hangatkan telur terlebih dahulu, karena telur yang dingin akan membuat adonan tidak tercampur dengan baik dan merata. Rendam telur terlebih dahulu dalam baskom berisi air hangat selama 10-15 menit sebelum mencampurkan dengan adonan lainnya.

* Gunakan Tepung Dengan Takaran Yang Tepat
Anda perlu mengetahui takaran tepung yang paling tepat, coba masukkan tepung ke dalam takaran sedikit demi sedikit dengan memakai sendok, lalu gunakan pisau untuk meratakan bagian atasnya, sehingga Anda dapat takaran tepung yang benar-benar pas.

* Oleskan Cetakan Dengan Mentega
Sebelum adonan dimasukkan ke dalam cetakan, baiknya cetakan adonan diolesi dengan mentega, sehingga membuat kue lebih bagus nantinya. Untuk mengolesi mentega ke dalam cetakan, Anda bisa menggunakan kuas khusus untuk membuat kue.

* Letakkan Cetakan Pas Ditengah Oven
Adonan dalam cetakan jangan biarkan menempel dengan dinding oven maupun menempel dengan adonan yang lainnya, karena hal ini dapat menghalangi sirkulasi udara, jika oven tidak terlalu lebar, Anda bisa meletakkannya pada rak yang berbeda.

* Ubah Posisi Cetakan Adonan
Masukkan adonan ke dalam oven, lalu tunggu beberapa saat untuk mengubah posisinya kurang lebih 2/3 dari waktu pengovenan. Jika oven Anda memiliki lebih dari satu rak, bisa tukar posisi kedua cetakan tersebut.

* Ratakan Bagian Atasnya
Setelah adoanan dikeluarkan dari oven, biarkan mendingin, ratakan bagian atas yang mengembang, hal ini bisa membantu jika ingin membuat kue yang berlapis. Jika belum merata, gunakan pisau untuk mengiris bagian atasnya dengan pisau bergerigi.

Cake atau kue bolu merupakan makanan yang sangat digemari oleh semua kalangan usia, baik muda, tua dan anak-anak. Siapa yang tidak mengenal kue bulo atau cake yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat karena kue bolu ini sangat familiar. Dipasaran dan sawalayan banyak jenis ditawarkan sehingga membuat orang untuk membelinya, cake yang terkenal karena keempukan dan kelembutannya yang sudah memberikan daya tarik tersendiri bagi yang menikmatinya. Cake sudah menjadi tradisi bagi ibu rumah tangga untuk disajikan bagi keluarga atau untuk tambahan pendapatan. Bagi Anda yang sebagai ibu rumah tangga atau remaja putri yang ingin belajar untuk membuat cake yang enak dan adonan yang sempurna, Anda bisa melakukan cara tersebut diatas. Jika Anda sudah melakukan cara di atas, Anda pun bisa berkreasi untuk menghiasinya sedemikian rupa sesuai dengan selera Anda. Inilah serangkaian informasi cara membuat cake atau kue bolu yang sempurna, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat Anda dan menambah pengetahuan.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 6:14 AM

No comments:

Post a Comment