About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Monday, July 28, 2014

Tips Merawat Dan Membersihkan Sofa

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/07/tips-merawat-dan-membersihkan-sofa.html
Bagi Anda yang memiliki furniture rumah tangga seperti sofa, diperlukan perhatian yang khusus dalam perawatan kebersihannya setiap hari agar terlihat bersih dan awet. Furniture yang satu ini akan di dukung pertama kali oleh para tamu ketika mereka berkunjung ke rumah Anda. Anda pun tentu ingin mendapatkan kesan yang terbaik dari para tamu Anda mengenai sofa yang indah terawat, bersih dan harum tanpa noda ataupun sofa yang kusam. Sofa Anda perlu perawatan yang secara baik, baik berbahan sofa kulit maupun sofa berbahan kain. Cobalah untuk menghindari penempatan sofa kulit pada sinar matahari langsung dan terlalu lama, juga hindari penempatan sofa kulit berdekatan dengan radiator, karena hal ini bisa menyebabkan kulit pada sofa menjadi kering hingga pecah.

Ganti posisi penempatan bantal-bantal sofa secara teratur dan hindari duduk di satu tempat yang sama setiap kali duduk di sofa. Keringat bisa meninggalkan  noda air, garam dan lemak, untuk membersihkannya gunakan kain basah. Dalam membersihkan sofa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti bahan dari cover sofa Anda. Sofa yang berbahan katun dalam membersihkannya cukup hanya dengan menggunakan air ataupun disetrika. Sofa yang berbahan sutra, biasanya menggunakan sarung bantal sofa, cara membersihkannya dengan menggunakan dry cleaning, begitupun juga jika cover sofa Anda terbuat dari bahan woll. Untuk membersihkan sofa, yang penting adalah kain penutupnya agar selalu dibersihkan. Jika cover pada sofa Anda sudah lama, baiknya cover sofa Anda diganti dengan cover yang baru. Beberapa tips dan cara di bawah ini bisa di simak dalam membersihkan sofa Anda.

  • Bersihkan sofa setiap hari dengan penyedot debu, jika sofa Anda berbahan kain dan bertekstur sangat mudah menangkap debu. Jangan lupa untuk memperhatikan sudut-sudut sofa, biasanya tempat ini menjadi sarang kutu maupun debu.
  • Jemur bantalan kursi di bawah sinar matahari sekali seminggu kurang lebih 1 jam, lalu pukul-pukul dan balik batalan agar debu yang menempel hilang, sehingga isi bantalan menyebar dan tetap mengembung. Usahakan jangan terlalu lama menjemurnya di bawah sinar matahari karena akan memudarkan watna dan corak pada bantalan sofa.
  • Khusus untuk sofa kulit, hindari penempatan sofa untuk tidak terkena sinar matahari secara langsung maupun terlalu lama.
  • Penggunaan bahan kimia dalam membersihkan sofa berbahan kulit tidak perlu dan harus dihindari, karena hal ini akan membuat warna dan permukaan kulit sofa akan mengalami abrasi.
  • Kalau pun Anda ragu dengan sofa Anda yang terbuat dari bahan yang mahal dan tidak tau cara membersihkannya, lebih baik serahkan kepada tenaga ahli yang sudah profesional dengan keahliannya.
  • Sofa berbahan kulit dan kain juga bisa dibersihkan dengan cara di cuci, tetapi beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah menguji deterjen dan pembersih di bagian kecil sofa yang tidak mencolok. Jangan menggunakan produk pembersih secara langsung pada sofa Anda, karena bisa saja tidak cocok dengan bahan sofa Anda, sehingga bisa merusak sofa Anda secara permanen.

Semua tips dan cara membersihkan sofa di atas bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan biaya yang murah. Sedangkan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sofa Anda, dengan cara menaburkan baking soda di malam sebelum tidur, maka pada keesokan harinya, hisap serbuk tesebut dengan memakai alat penyedot debu dan lalu di sikat. Bahan ini sangat efektif dalam menyerap bau yang tidak enak bisa juga Anda gunakan di bagian rumah lain. Jika di sofa Anda ada noda, seperti : noda tinta atau cat untuk membersihkannya baiknya hindari penggunaan cairan pembersih yang memiliki bahan yang keras, cukup gunakan sabun dengan formula lembut dan hanya membersihkan daerah yang bernoda. Bersihkan secara berulang-ulang sampai nodanya hilang. Dengan memperhatikan perawatan dan kebersihan sofa Anda baik sofa yang berbahan kulit maupun kain, maka rumah akan terlihat lebih rapi, bagus, dan harum karena sofa yang bersih akan membuat anak Anda tidur diatas sofa lebih  pulas dan nyaman. Sofa bukan barang yang murah, oleh karena itu harus tetap menjaga sofa agar tetap awet sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama. Nah, sekian dulu ya untuk informasi yang saya berikan saat ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat Anda.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 7:04 AM

2 comments:

  1. Maaf saya mau tanya,
    bagaimana yah tips memilih layanan jasa pembersih sofa? apakah seekmi memiliki pengalaman dan pelayanan yang baik?

    ReplyDelete
  2. pkee saya coba tipsnya ya
    www.peluangproperti.com

    ReplyDelete