About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Wednesday, July 30, 2014

Cara Membuat Masakan Pamarrasan

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-masakan-pamarrasan.htmlPamarrasan adalah salah satu bumbu masakan yang diolah dari buah pangi. Sepengetahuan saya, pohon pangi hanya dapat di peroleh di bagian Prov. Sulawesi dan sekitarnya dan sebagian masyarakat sudah ada yang menanam tanaman tersebut. Pohon pangi memiliki manfaat baik dari segi daun, buah maupun biji. Daun dan buah pangi bisa dibuat jadi masakan sayuran yang disebut sebagai sayur pangi. Sedangkan biji yang terdapat dalam buah pangi, bisa diolah menjadi bumbu masakan yang disebut pamarrasan. Isi biji buah pangi di keluarkan lalu di jemur di sinar matahari sampai kering dan siap disajikan sebagai bumbu masakan.

Masakan pamarrasan bisa dipadukan dengan sayur pangi beserta daging. Jenis-jenis ikan segar pun bisa dimasak bersamaan dengan bumbu pamarrasan, seperti : cumi-cumi, ikan salmon, belut dan jenis ikan lainnya yang Anda sukai. Jika Anda tidak menyukai ikan, pamarrasan bisa dipadukan dengan berbagai jenis daging empuk dan masih segar yang Anda suka. Bumbu pamarrasan bisa Anda dapatkan di pasar tradisional atau lebih muda lagi Anda bisa memperolehnya di daerah sekitar Sulawesi. Masakan pamarrasan merupakan masakan khas masyarakat Toraja dan hanya bisa di peroleh di sekitar daerah Sulawesi, kalau di daerah-daerah lain hanya seberapa saja yang menyediakan masakan tersebut. Bagi Anda yang berada di luar Prov. Sulawesi, Anda bisa mampir dan merasakan masakan-masakan khas Sulawesi. Masakan ini pasti disukai oleh keluarga tercinta Anda, jika Anda menyajikan sebagai menu makan siang dan malam. Masakan ini juga merupakan makanan favorit saya, saya akan membagikan resepnya kepada Anda dan Anda pun bisa mencoba melakukannya di rumah Anda, sebagai berikut :

Bahan-bahan :
Ikan salmon (dibersihkan)
Pamarrasan (secukupnya)
3 siung bawang merah (haluskan)
2 siung bawang putih (haluskan)
2 tangkai Daung bawang (di iris tipis)
Cabai merah kecil
2 tangkai Serai (di memarkan)
3 sdm Minyak goreng 
Garam
Bumbu penyedap
Air (secukupnya)

Cara pembuatan :
Terlebih dahulu haluskan pamarrasan dengan cara di tumbuk sampai halus. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan, lalu tumis bawang merah, bawang putih dan pamarrasan sampai harum. Lalu masukkan air secukupnya, setelah setengah mendidih, masukkan ikan salmon yang telah dibersihkan dan serai beserta cabai merah secukupnya. Tunggu sampai setengah matang kurang lebih 10 menit, lalu masukkan daun bawang, garam dan bumbu penyedap secukupnya, tunggu sampai matang kurang lebih 5 menit. Setelah matang, angkat, keluarkan dari wajan dan sajikan hangat dengan menu yang lainnya.
hmm...nikmat, pasti keluarga Anda menyukainya. 


Masakan pamarran bisa Anda sajikan bersama nasi hangat, pasti anak Anda menyukainya. Ikan salmon bisa Anda ganti dengan ikan jenis lainnya yang Anda suka atau Anda bisa juga mengantinya dengan jenis daging empuk yang Anda suka. Bagi Anda yang menyukai makanan yang berkuah, Anda bisa memilih resep ini sebagai menu makan siang atau makan malam Anda, karena masakan pamarrasan ini juga jenis makanan yang berkuah. Semoga resep masakan ini bisa bermanfaat bagi Anda dan Anda bisa mencoba membuatnya, pasti Anda akan menikmatinya. Selamat mencoba!



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 7:52 AM

No comments:

Post a Comment