About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Tuesday, July 8, 2014

Cara Agar Selalu Termotivasi

Motivasi adalah dorongan dalam diri seseorang untuk bisa bertindak dan sebuah proses untuk memulai sesuatu. Definisi motivasi adalah sesuatu yang menjelaskan apa yang kita inginkan dan apakah kita layak untuk mendapatkannya. Perlunya seseorang memiliki motivasi dalam hidupnya secara positif, sehingga mereka bisa mencapai tujuan mereka sesuai apa yang di impikan. Rasa ingin tahu merupakan dorongan dalam diri mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan melalui tindakan. Rasa ingin tahu itu akan membuat semua orang melakukan sesuatu untuk bisa mengalaminya juga, mendapatkannya dan menjawab rasa ingin tahu. Dengan adanya motivasi di dalam diri seseorang, sehingga mereka merasakan apa arti hidup itu sebenarnya. Dorongan rasa ingin tahu pada dasarnya di sertai dengan tindakan untuk bisa menjawab setiap rasa ingin tahu. Motivasi ada 2 kategori yaitu termotivasi jika ingin mencapai sesuatu dan termotivasi jika akan kehilangan sesuatu. Contoh kategori termotavasi jika ingin mencapai sesuatu, seperti : seorang anak menginginkan juara pertama, anak tersebut akan memikirkan bagaimana cara bisa memperoleh juara pertama tersebut. Contoh untuk kategori termotivasi jika akan kehilangan sesuatu, seperti : untuk mendapatkan pacar, dia berpikir, usia, "kalau usia begini belum pacaran, malulah, apa kata dunia?" kategori ini akan termotivasi jika sesuatu yang negatif akan terjadi. Hal ini disebut sebagai orang yang menjahui  dan terdorong menghindari sengsara. Beri porsi yang lebih besar pada tujuan Anda, mengapa Anda perlu mencapai tujuan tersebut, apa kenikmatan dan manfaat yang bisa Anda peroleh. Dibawah ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk selalu termotivasi.

Catat Semua Perkembangan Anda
Dengan cara Anda mencatat semua apa yang menjadi perkembangan Anda selama ini, sampai dimana perkembangan yang harus di hasilkan, maka motivasi diri semakin meningkat. Cara ini bisa membangun motivasi Anda. Perkembangan positif yang perlu Anda catat untuk mengetahui hasilnya, membandingkan dengan tujuan akhir. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui kesalahan apa yang telah Anda lakukan dan apa yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkannya.

Mengontrol Diri
Banyak orang yang sangat termotivasi melakukan sesuatu secara tiba-tiba dan langsung. Mulailah langkah demi langkah atau secara bertahap, buat itu jadi suatu kebiasaan. Berhentilah saat Anda merasakan kepuasan, karena hal itu akan membuat Anda kembali dan kembali lagi. 

Berkumpul Dengan Orang
Berkumpul dengan orang yang memiliki motivasi dan dapat membangun motivasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Berkumpul bisa belajar dan melihat perkembangan orang lain.

Letakkan Gambar Impian Anda
Jika Anda mempunyai gambar yang bisa memotivasi Anda, letakkan gambar impian Anda di salah satu tempat yang mudah dilihat, seperti : di meja kerja, di kulkas atau di mobil. Fokus akan menarik perhatian Anda untuk mencari cara untuk melakukan hal yang tepat untuk mencapainya.

Cari Partner
Mencari seseorang yang juga sedang termotivasi mengejar sesuatu. Jadikan partner Anda sebagai pembangkit semangat yang bisa membantu membangun motivasi pada diri Anda.

Mulai Melakukan
Apa yang sudah menjadi ketetapan dan tujuan Anda, lakukanlah itu dengan segera, tanpa harus menunggu orang lain untuk melakukannya. Tidak perlu keseluruhan tangga untuk memulai ambil langkah pertama Anda. Jangan melihat atau menunggu orang lain melakukannya duluan.

Buat Lebih Menyenangkan
Segala sesuatu yang Anda buat, lakukanlah dan buatlah seyaman mungkin. Hilangkan perasaan rasa sulit dan membosankan, tetapi berikan makna dan kesenangan di dalamnya.

Tetap Bersabar
Tidak semua yang dilakukan harus terwujud sebagaimana mestinya. Segala sesuatu membutuhkan waktu untuk bisa terwujud, maka tetaplah bersabar jika Anda ingin melihat kupu-kupu yang indah.

Carilah Inspirasi
Anda bisa mencari sesuatu yang bisa menjadi inspirasi, penambah semangat mental, memotivasi kita dan merasakan jika orang lain bisa, Anda pun pasti bisa.

Belajar Dan Terus Bertumbuh
Untuk tetap memiliki motivasi di dalam hidup, baiknya kita banyak belajar. Banyak baca buku merupakan salah satu cara untuk belajar terus, ketika kita tahu dan paham tindakan kita akan semakin baik dan efektif.

Berkompetisi
Ikutilah berbagai pertandingan atau kompetisi yang bisa membangun motivasi Anda, baik berkompetisi positif dalam lingkungan kerja maupun berkompetisi dengan partner Anda sendiri.

Miliki Komitmen
Motivasi tidak akan bertahan lama jika tidak memiliki komitmen. Katakan kepada orang lain apa yang Anda ingin lakukan. 

Selalu Melihat Hal Yang Baik
Dengan mempertahankan pikiran dan tubuh yang positif, hal ini di perluhkan untuk menghadapi semua tantangan yang menguji, apakah Anda layak mencapai impian Anda tersebut.

Jalankanlah agar motivasi diri Anda selalu berada pada level atas karena itu merupakan tambahan buat Anda untuk meningkatkan motivasi diri. Semoga motivasi ini bisa bermanfaat untuk Anda dalam mencapai tujuan dan impian Anda yang positif.



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 5:08 AM

No comments:

Post a Comment