About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Wednesday, July 23, 2014

Cara Menghilangkan Noda Dan Kotoran Minyak Di Dapur

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/07/cara-menghilangkan-noda-dan-kotoran.htmlDapur merupakan salah satu tempat biasanya untuk beraktifitas para ibu rumah tangga, seperti : memasak, menyiapkan sajian makanan dan hidangan untuk disantap bersama keluarga. Untuk tetap semangat beraktifitas di dapur tentu tidak ada salahnya untuk membuat dapur Anda selalu bersih dan nyaman digunakan. Untuk membuat dapur Anda tetap bersih dan nyaman, baiknya setelah beraktifitas masak, Anda bisa selalu membersihkan setiap sudut dari dapur, mulai talenan, rak, lantai dapur, dinding dapur dan kompor gas dimana sering terdapat noda yang menempel dan beberapa tempat di dapur Anda. Jika dapur tidak dibersihkan dari noda dan kotoran dan dibiarkan begitu saja, malah noda dan kotoran akan semakin susah untuk dibersihkan. Untuk menghilangkan noda minyak pada dapur Anda, bisa Anda menggunakan bahan-bahan seperti : cuka putih, tepung jagung, panas, atau bisa menggunakan cat. Bahan-bahan ini bermanfaat membantu membersihkan serta menghilangkan noda minyak dengan mudah. Noda minyak kerap sulit untuk dibersihkan pada dinding dapur, hal ini biasanya diakibatkan percikan minyak selama memasak sehingga dinding dapur menjadi terlihat jelek. Percikan minyak pada dinding dapur membuatnya terlihat kotor sehingga kotoran-kotoran lain ikut menempel dengan noda minyak tersebut. Noda-noda minyak  yang menempel di didnding dapur dan sekitarnya tidak bisa dihapus dengan sabun dan air biasa. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang saya telah sebutkan diatas, seperti : cuka putih, tepung jagung, panas dan cat. Anda bisa menyimak beberapa cara di bawah ini, cara menghilangkan noda dan kotoran minyak pada dapur Anda.

Noda Dan Kotoran Minyak Pada Kompor
Bersihkan kompor gas tersebut dari stainles steel dengan menggunakan lap kering, lap basah bisa digunakan jika ada bekas atau kotoran makanan yang lama menempel pada bagian sisa-sisa minyak goreng, lalu dilanjutkan dengan membersihkannya dengan lap kering, sehingga kompor akan terlihat bersih dan mengkilap. Untuk bagian lubang kompor tempat keluarnya api, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi secara berlahan-lahan.

Noda Dan Kotoran Minyak Pada Lantai Dapur
Noda yang terdapat pada lantai dapur untuk menghilangkannya dengan cara menaburkan tepung terigu secukupnya pada bagian yang terkena percikan minyak goreng, lalu bersihkan dengan lap kering hingga lantai benar-benar bersih dan Anda pun tidak usah lagi menggunakan air untuk membersihkannya, karena cara ini sangat efektif sehingga lantai tetap bersih dan tidak lengket. Cara lain bisa Anda lakukan, dengan memberikan taburan garam di atas lantai yang tertumpah minyak. Garam berfungsi untuk menyerap minyak dan mencegah timbulnya noda, tunggu beberapa menit lalu bersihkan dengan lap kering.

Noda Dan Kotoran Minyak Pada Dinding Dapur
Pada saat kita sedang menggoreng ikan atau daging, minyak panas sering terpercik hingga pada dinding dapur, sehingga dinding terkena noda dari minyak yang mengotori dinding. Untuk menghilangkan noda pada dinding, Anda bisa menggunakan kain lap yang sudah dibubuhi dengan sabun cuci piring, caranya : gosok perlahan dinding dengan lap sampai noda minyaknya hilang. Cara lain bisa Anda gunakan, seperti : siapkan tepung jagung sebanyak 60 gr kemudian campur dengan cuka sebanyak 125 ml dan 4 liter air, lalu gosok bagian dinding yang terkena noda dan kotoran minyak dengan bantuan spon, setelah noda hilang, bilas campuran bahan yang masih menempel dengan kain basah.

Untuk dapur yang memiliki permukaan kayu harus dirawat dengan sangat hati-hati. Penghilang minyak yang terlalu kuat bisa merusak atau menodai permukaan kayu. Begitupun juga dengan dapur yang memiliki tembok yang di cat, dalam membersihkannya harus hati-hati karena akan membuat perubahan warna pada tembok. Nah, Anda tidak usah pusing-pusing lagi dalam membersihkan dan menghilangkan noda pada dapur Anda. Dengan melakukan beberapa tips dan cara diatas, Anda pun bisa mendapatkan rumah yang bersih dan tentunya sehat. Dengan memiliki dapur yang bersih dari noda dan kotoran minyak, Anda pun bisa nyaman dan bersemangat dalam berkreasi menciptakan masakan yang dinikmati oleh seluruh keluarga Anda. Semoga tips yang saya berikan ini bisa bermanfaat buat Anda dan ibu rumah tangga dalam menjaga kebersihan dapur Anda.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 7:24 AM

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. I like your blog a lot. Its informative and full of information. Thank you for sharing.

    ReplyDelete