About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Thursday, July 31, 2014

Cara Membuat Onde-Onde Ubi Jalar

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-onde-onde-ubi-jalar.html
Ubi jalar memiliki banyak sekali manfaat selain rasanya enak dan empuk, ubi jalar juga bisa diolah menjadi sebuah kue dengan berbagai variasi sesuai dengan kreasi setiap orang. Ubi ini mudah sekali kita peroleh di supermaket, swalayan dan pasar-pasar tradisional. Jenisnya bermacam-macam, seperti : ubi jalar putih, ubi jalar kuning dan ubi jalar ungu, selain itu ubi jalar memiliki komposisi, seperti : kalori, kabohidrat, lemak, protein, serat dan air. Jika Anda merasa kekurangan salah satu dari komposisi ubi jalar tersebut, maka Anda bisa mengkonsumsi ubi jalar untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

Ubi jalar pun memiliki beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan kita sebagai antioksidan, seperti : betakaroten, vitamin C, antosianin, vitamin A, vitamin E, vitamin B6, sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang kurang bagi tubuh Anda. Jadi sangat besar manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh kita jika sering mengkonsumsi ubi jalar. Anda bisa mengolah ubi jalar ini dengan kreatifitas Anda sendiri agar terlihat menarik sehingga mengundang selera keluarga Anda untuk mengkonsumsinya. Ubi jalar bisa dibuat jadi cake yang lezat, gorengan kripik yang renyah, dan berbagai jenis kue lainnya. Jenis ubi ini mampu mencegah penyakit stroke, meremajakan kulit Anda, mengurangi resiko kanker usus, mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung. Berikut saya akan membagikan resep masakan bagi Anda, bagaimana cara mengolah ubi jalar menjadi onde-onde yang nikmat dan lezat walaupun kita sering membuatnya, sebagai berikut :

Bahan-bahan :
300 gr tepung ketan
4 buah ubi jalar (bisa putih, ungu atau kuning)
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanila bubuk
1 butir kuning telur
1 sdm gula putih
Gula merah (potong dadu kecil)
l lbr daun pandan (simpulkan)
Kelapa parut (untuk olesan)
Air (secukupnya)


Cara pembuatan :
  • Bersihkan ubi jalar, lalu di kukus hingga matang, setelah matang angkat dan tiriskan. Ubi jalar yang telah matang keluarkan kulit arinya dan haluskan. Sediakan loyang, lalu masukkan kuning telur, ubi jalar, garam, vanila, gula putih, lalu campur dan aduk rata semua jadi satu. Masukkan tepung ketan, aduk rata lalu masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk. 
  • Sementara itu kukus kelapa parut terlebih dahulu, beserta garam dan gula secukupnya hingga matang, lalu angkat keluarkan dari kukusan.
  • Ambil adonan ketan lalu dibentuk jadi bulatan dan isi bagian tengahnya dengan gula merah yang sudah di cincang dadu dan bulatkan sampai permukaan tertutupi. Lakukan berulang kali sampai bahan adonan habis.
  • Sediakan air 1,5 liter lalu didihkan bersama daun pandang, setelah mendidih masukkan adonan yang telah dibentuk bola-bola ke dalam air mendidih, biarkan matang sampai adonan bola-bola mengapung lalu tiriskan dan guling-gulingkan di atas kelapa parut, lakukan sampai seluruh adonan bola-bola habis. 
  • Lalu sajikan dengan hangat ditemani dengan teh hangat atau kopi. 

Nah, onde-onde ubi jalar telah jadi, Anda bisa menikmatinya bersama keluarga Anda di sore hari. Ubi jalar bisa Anda ganti dengan labu kuning jika Anda suka. Onde-onde ubi jalar ini bisa juga Anda jadikan bekal buat si kecil di sekolahnya, sehingga si kecil tidak lagi jajang di luar sekolah yang tidak diketahui kebersihannya. Jika Anda ingin memenuhi asupan nutrisi bagi anak Anda, Anda bisa mencobah tips diatas, pasti anak Anda menyukainya. Cara buatnya cukup mudah dan sederhana dan tidak butuh waktu yang lama. Semoga resep ini bisa memberi inspirasi bagi Anda untuk terus berkreasi menciptakan menu-menu masakan yang, nikmat, lezat dan bergizi. Selamat mencoba!



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 9:18 PM

1 comment: