About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Tuesday, July 29, 2014

Cara Membuat Masakan Rica-Rica

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-masakan-rica-rica.htmlMasakan rica-rica (masakan pedas) sudah menjadi kegemaran beberapa masyarakat yang menyukai makanan yang pedas dan berbumbu. Selain rasanya pedas, aromanya pun bisa mengundang selera makan Anda bertambah. Masakan rica-rica bisa Anda padukan dengan berbagai jenis daging, seperti : daging sapi, daging banteng, daging kerbau, daging babi dan daging kuda. Bumbu-bumbu cukup mudah kita peroleh di supermaket atau di pasar dan cara membuatnya pun cukup sederhana. Mungkin resep masakan rica-rica atau masakan pedas beragam jenis cara buatnya dan penyajiannya berbeda-beda. Saat ini saya akan memberikan resep masakan rica-rica khas suku Toraja.

Masakan rica-rica bisa menambah nafsu atau selera makan Anda bertambah, karena dalam masakan ini sudah ada bumbu-bumbu masakan yang mampu meningkatkan selera makan seseorang. Masakan ini cukup dipadukan atau disajikan dengan nasi hangat, pasti rasanya nikmat dan yang pastinya keluarga Anda menyukainya bisa menjadi menu favorit keluarga Anda. Ada beberapa daging yang memiliki tekstur yang keras, Anda bisa mengukusnya terlebih dahulu sebelum di masak dengan bumbu yang lainnya. Hal ini bisa membantu daging lebih terasa lunak dan tidak terasa keras pada saat di konsumsi. Anda bisa menyimak cara pembuatan di bawah ini, bisa Anda praktekan di dapur Anda, sebagai berikut :

Bahan-bahan :
Daging ayam kampung (daging sapi, kerbau, babi, atau daging kuda)
2 gelas Air (secukupnya)
3 sdm minyak goreng (secukupnya)
Garam secukupnya
Bumbu penyedap

Bahan bumbu:
3 siung Lengkuas
4 tangkai Serai
Cabai merah kecil
3 siung Bawang putih
3 siung Bawang merah
1/2 Jahe (secukupnya)
5 lembar Daun jeruk (daun salam)
1/2 Kunyik (secukupnya)

Bumbu dihaluskan:
Lengkuas, serai, kunyik dan jahe di potong-potong tipis, lalu di tumbuk atau di blender sampai halus. Cabai merah, bawang putih, bawang merah di blender sampai halus.

Cara pembuatan :
Daging ayam di potong-potong sesuai selera lalu di bersihkan. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan, lalu masukkan bahan bumbu cabai, bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan sambil diaduk, lalu masukkan bahan bumbu lengkuas, serai, kunyik dan jahe yang telah dihaluskan. Aduk semua bahan bumbu halus jadi satu sampai harum, lalu masukkan air secukupnya, setelah itu masukkan daging ayam beserta daun jeruk sambil di aduk jadi satu, lalu tutup dengan penutup wajan. Biarkan matang kurang lebih 15 menit sambil diaduk dan sampai airnya meresap ke dalam bumbu. Lalu angkat dan keluarkan dari wajan, sediakan ke dalam mangkuk, sajikan dengan nasi hangat. 
Hmmm...aromanya terasa nikmat, pasti keluarga Anda menyukainya.   

Bumbu-bumbu di atas memiliki manfaat cukup buat kesehatan kita, seperti : lengkuas, serai, jahe dan kunyik. Bumbu-bumbu ini bisa membantu menambah nafsu atau selera makan anak Anda. Jika anak-anak Anda tidak terlalu meyukai pedas, Anda bisa mengurangi porsi cabai merah ke dalamnya. Masakan ini sering disajikan pada acara-acara tertentu, seperti : merry christmas, tahun baru atau acara ulang tahun.
Nah, itulah sebagian resep favorit saya yang saya bisa bagikan kepada Anda, semoga bisa bermanfaat buat Anda sebagai ibu rumah tangga atau remaja dalam berkreasi. Selamat menikmati !


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 11:17 PM

No comments:

Post a Comment