About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Saturday, August 2, 2014

Cara Meningkatkan Percaya Diri

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/08/cara-meningkatkan-percaya-diri.html
Rasa percaya diri merupakan lawan kata dari rasa kurang percaya diri (minder). Rasa percaya diri akan membuat seseorang selalu optimis dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuannya. Percaya diri akan selalu memiliki sifat positif, seperti : berani bertindak, optimis, semangat, tenang (tidak tergesa-gesa), tekun (ulet), mandiri, dan lain-lain yang bersifat positif. Seseorang yang memiliki rasa percaya diri, dia akan selalu merasakan hidupnya bahagia dan tidak memiliki beban apa pun karena mereka yakin bahwa segala sesuatunya pasti ada jalan. Hal-hal positiflah yang akan mengikuti hidup seseorang yang selalu memiliki percaya diri. Rasa takut tidak ada pada diri seseorang yang memiliki percaya diri yang tinggi karena apa pun yang di perbuatnya merasa yakin, itu adalah benar. Contoh: seseorang yang memiliki sifat jujur, pasti mereka akan selalu percaya diri melakukan semua dengan tenang sehingga apa pun yang mereka kerjakan, pasti berhasil. 

Yang saya bahas hari ini adalah sifat percaya diri yang posisitif. Mengapa positif ? karena percaya diri pasti juga ada yang negatif, seperti : terlalu belebih-lebihkan segala sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya, sehingga apa pun yang dikerjakannya tidak akan sesuai dengan rencana. Kadang percaya diri kita menurun karena situasi dan kondisi lingkungan yang tidak memungkinkan yang negatif. Ada beberapa tips atau cara untuk bisa meningkatkan percaya diri Anda, baik dalam dunia pekerjaan, bisnis, besosialisasi, atau dalam keluarga, mari kita simak di bawah ini beberapa cara meningkatkan percaya diri, sebagai berikut : 

Berani Maju
Dengan memberanikan diri untuk maju melakukannya, maka rasa percaya diri itu akan bangkit lagi. Hindarilah rasa takut dan malu, belajarlah untuk mencoba, dan lakukan itu setiap hari, maka Anda akan menjadi terbias, seperti : maju kedepan tampil di atas panggung untuk bernyanyi, berpidato, membawahkan presentasi makalah atau laporan dan lain-lain. 

Berani Menerima Tanggungjawab
Jika Anda diberikan suatu tugas atau tanggungjawab, baik dari atasan Anda atau pun dari suatu kumpulan komunitas, ambil itu dan lakukan dengan tekun dan penuh tanggungjawab. Jika Anda memnerima suatu tanggungjawab, usahakan untuk selalu berpikir positif, bahwa semuanya pasti berjalan dengan baik dan saya pasti bisa. Jika Anda sudah memberanikan diri untuk menerima tanggungjawab tersebut, maka percaya diri Anda akan bertambah sehingga tanggungjawab yang diberikan berikutnya Anda bisa lebih cepat menyelesaikannya dengan baik.

Selalu Duduk Di Baris Depan
Jika ada acara rapat, seminar dan lain-lain yang Anda ikuti, selalulah untuk bisa duduk di baris paling depan, dengan cara ini akan mampu mengembalikan percaya diri Anda. Sekali lagi jangan pernah malu, walaupun Anda tidak ingin terlalu terlihat menonjol.

Melatih Kontak Mata
Pada saat Anda sedang berbicara dengan lawan bicara Anda, usahakan untuk menatap matanya pada saat berbicara dengan teman lawan bicara Anda, karena ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan percaya diri Anda. Jika Anda menghindari kontak mata, berati Anda memiliki perasaan takut karena ketahuan berbohong. Dengan mengarahkan mata Anda dengan tenang dan santun kepada teman bicara Anda, maka akan memberikan rasa percaya diri dan mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Berjalan Lebih Cepat
Dengan berjalan lebih cepat akan memberikan gerak pada pikiran Anda, sehingga memberikan rasa percaya diri. Dimana pun Anda berada, usahakan untuk bisa berjalan lebih cepat dengan cara mendorong bahu ke belakang, mengangkat kepala tegak dan berjalan maju lebih cepat daripada hari-hari biasanya.

Berlatih Berbicara Cepat Dan Tegas
Keluarkanlah kata-kata yang positif lebih cepat dan tegas pada saat Anda sedang berbicara pada lawan bicara Anda atau sedang berbicara pada teman, karena hal ini akan menambah rasa percaya diri Anda dan juga lebih muda berbicara dengan teman-teman Anda. Orang yang sukses akan di kenal dari cara komunikasi yang baik dan benar.

Terseyum Lebar
Jika Anda memiliki senyum yang lebar, maka rasa percaya diri Anda akan bangkit lagi. Pada saat Anda merasa takut cobalah untuk terseyum lebar, maka otot-otot syaraf yang rengang akan kembali semula sehingga memberikan rasa percaya diri.

Berada Di Lingkungan Positif
Jika Anda berada pada lingkungan-lingkungan yang positif, maka Anda akan selalu cenderung meniru hal-hal yang positif, seperti : bersemangat dan percaya diri. Carilah teman-teman yang mendatangkan semangat, membangkitkan motivasi dan lebih percaya diri.

Nah, Anda bisa melakukan cara dan tips diatas dalam meningkatkan percaya diri Anda. Dengan memiliki dan membangun  rasa percaya diri yang positif, maka Anda akan mudah meraih kesuksesan. Milikilah mental positif untuk selalu percaya diri dan hilangkan kurang percaya diri Anda. Bagaimana caranya menghilangkan rasa kurang percaya diri, Anda bisa baca lebih lanjut cara menghilangkan rasa kurang percaya diri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat Anda untuk memiliki motivasi yang positif dalam bekerja, berbisnis maupun bersosialisasi. 



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 12:38 AM

2 comments:

  1. Kepercayaan diri memang menjadi salah satu faktor yang bisa menentukan keberhasilan dalam berbagai bidang, tidak terkecuali dalam pekerjaan.Dengan kepercayaan diri yang tinggi, semua pekerjaan bisa dilakukan dengan nyaman dan terasa lebih mudah.Thanks tipsnya mba, sebagai panduan berharga dalam meningkatkan kepercayaan diri.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete