About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Monday, June 16, 2014

Tips Mengelola Keuangan

Rata-rata para wanita pasti suka berbelanja, arisan selain sebagai ibu rumah tangga dan pekerja kantoran. Banyak yang ingin dibeli untuk kebutuhan keluarga dan pribadi, selain itu jika anda berjalan-jalan ke mall pasti anda akan melirit barang yang anda sukai tanpa disadari pengeluaran yang tidak terkontrol. Kadang pemasukan dan pengeluaran kita tidak balance karena pengeluaran yang terlalu besar. Sehingga menyebabkan pemasukan jadi minus dan untuk menutupinya mengharuskan kita berutang, betul ngak ya?! hehehe..
Perlunya pengelolaan keuangan yang baik sehingga tidak membuat kepala jadi pusing dan pengeluaran bisa terkendalikan. Siapa pun anda baik sebagai ibu rumah tangga, wanita karier, pria / wanita lajang yang sedang bekerja, baiknya anda bisa mengelola keuangan anda sendiri sehingga kebutuhan yang terpenting anda bisa terpenuhi. Mengapa sebagian orang bisa memenuhi semua kebutuhan keluarganya dan kebutuhan pribadi, bukan karena pendapatan mereka besar, tetapi bagaimana cara mereka bisa mengelola keuangannya dengan baik. Ada sebagian kecil mereka yang memiliki pendapatan pas-pasan, tetapi mereka bisa memenuhi semua kebutuhannya sehari-hari karena pengelolaan keuangan yang baik. Ada beberapa tips dalam mengelola keuangan dengan baik, yaitu :

Ambil sebagian pendapatan untuk pengeluaran bulanan
Pendapatan anda perlu disisikan untuk tabungan masa depan, betul tidak ya?! pasti, anda ingin memiliki tabungan masa depan yang bisa anda simpang. Misalnya pendapatan anda sebulan kurang lebih 5 juta, anda bisa membaginya menjadi : pengeluaran 70% dan tabungan 30% jika menurut pengeluaran anda banyak. Tetapi jika pengeluaran anda tidak terlalu besar, anda bisa membaginya menjadi : pengeluaran 50% dan tabungan 50%. 

Buat anggaran belanja dalam sebulan
Pengeluaran yang anda sudah tetapkan bisa anda buatkan anggaran per kebutuhan dalam sebulan, dengan demikian anda bisa mengkontrol pengeluaran yang berlebihan atau melebihi anggaran yang anda telah buat.

Pisahkan pengeluaran yang penting dan yang tidak penting
Mengapa perlu pemisahan seperti itu, karena dengan pemisahan tersebut anda bisa mengkontrol pengeluaran anda yang berlebihan sehingga anda hanya cukup mengeluarkan pendapatan untuk kebutuhan yang penting aja.

Jangan mengeluarkan biaya melampaui dari anggaran
Ini merupakan salah satu cara mengontrol pengeluaran anda yang berlebihan. Usahakan biaya anda keluarkan jangan melebihi dari anggaran yang anda sudah tetap. Jika tidak, ini akan menyebabkan pendapatan / tabungan anda semakin berkurang karena harus menutupi pengeluaran yang berlebihan dan jika hal ini tidak terkontrol maka pendapatan / tabungan anda akan minus. 
   
Jika biaya yang anda keluarkan kurang dari yang telah anda anggarkan, maka pendapatan / tabungan anda bertambah. Dan apabila biaya yang anda keluarkan sama besar dengan anggaran yang telah ditetapkan, maka pendapatan / tabungan anda stabil. Itulah sebagian dari tips mengelola keuangan, bagaimana cara anda bisa mengelola keuangan anda sendiri dengan baik. Sehingga kehidupan kesejahteraan ekonomi keluarga anda tetap stabil. Semoga bisa bermanfaat buat anda.



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 8:33 AM

No comments:

Post a Comment