About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Tuesday, June 24, 2014

Tips Mengatasi Kelelahan

Kelelahan adalah dimana metabolisme tubuh yang tidak mampu lagi untuk bekerja atau beraktivitas. Ada beberapa macam timbulnya kelelahan, seperti terlalu banyaknya aktivitas atau tenaga yang dikeluarkan untuk berbagai aktivitas. Untuk mengatasi kelelahan, Anda harus mengetahui apa penyebab timbulnya kelelahan sehingga Anda pun bisa mengatasinya. Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan timbulnya kelelahan, maksudnya kurang asupan nutrisi dalam tubuh sehingga bisa membuat tubuh Anda lemas dan mudah lelah. Kodisi tubuh pada setiap manusia berbeda-beda sehingga kelelahan bisa melanda mereka. Bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas, lebih baik perbanyak nutrisi dalam tubuh sehingga dapat metabolisme tubuh dapat berkerja maksimal.
Kelelahan bisa diakibatkan karena kurang tidur, untuk mengatasinya Anda harus memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Dengan tidur lebih cepat pada malam hari dan bangun lebih cepat pada pagi hari akan membuat Anda lebih segar daripada Anda harus bergadang sampai malam. Tidur secara teratur atau beristirahat yang cukup bisa membantu Anda mengatasi kelelahan. 

Aktivitas pekerjaan yang terlalu banyak bisa memicu timbulnya kelelahan, dan untuk mengatasinya Anda bisa beristirahat sejenak dan bersantai sejenak lalu Anda bisa melanjutkan aktivitas Anda. Bagi Anda yang memiliki aktivitas sebagai ibu rumah tangga, Anda bisa membagi waktu untuk masing-masing pekerjaan rumah tangga dan di selah-selahnya bisa Anda sisikan waktu untuk beristirahat sejenak untuk menghindari kelelahan yang berlebihan. Jika Anda mengerjakan dalam satu porsi besar tanpa membaginya, maka Anda akan mudah mengalami kelelahan karena ini di sebabkan juga kondisi tubuh kita mungkin dalam keadaan kurang enak badan atau kurang fit.

Penyebab lain timbulnya kelelahan karena pengaruh stres yang berlebihan. Untuk mengatasinya adalah dengan melakukan meditasi atau liburan. Stres timbul karena banyaknya beban pikiran atau banyaknya tekanan pada tubuh. Dengan meditasi atau reflesing atau liburan bisa membantu Anda mengatasi kelelahan baik secara fisik maupun mental. Mengajak keluarga untuk liburan bersama seperti : keluar kota, ke puncak, atau ke pantai bisa membantuh tubuh Anda rileks kembali dan pikiran lebih fresh.

Kurangnya nutrisi dalam tubuh bisa juga mengakibatkan timbulnya kelelahan, bagi Anda yang memiliki banyak kegiatan dan lebih banyak aktivitas gerak, baiknya Anda harus lebih banyak mengkonsumsi nutrisi, apalagi jika Anda lagi masa pemulihan kesehatan pasti kondisi Anda tidak memungkinkan untuk beraktivitas yang padat. Asupan nutrisi yang cukup dalam tubuh bisa memberi tenaga bagi tubuh untuk beraktivitas tanpa Anda kelelahan.

Pola makan dan pola diet yang keliru bisa memicu timbulnya kelelahan, untuk mengatasinya Anda harus mengatur pola makan dan pola diet Anda. Makan secara teratur bisa membuat tubuh bisa tetap bekerja atau beraktivitas dan pola diet yang baik bisa membantu mengatasi kelelahan. Diet harus di sertai dengan mengkonsumsi nutrisi yang cukup dan sehat. Makan makanan olahan yang tidak sehat yang mengandung minyak atau lemak bisa memicu timbulnya kelelahan karena lemak jenuh bisa membuat tubuh Anda jadi lemas.

Jika Anda mengalami kelelahan dan tidak tahu apa penyebabnya, Anda bisa melakukan tes darah. Melalui tes darah Anda bisa mengetahui kondisi tubuh Anda, mungkin ada penyakit yang menyebabkan Anda mudah lelah dan yang Anda tidak ketahui yang bisa menyebabkan. Kelelahan banyak penyebabnya, jika Anda sudah tahu penyebabnya pasti Anda bisa mengatasinya, jika kelelahan berlarut-larut sering terjadi, Anda bisa langsung memeriksanya ke dokter.

Inilah sebagian informasi yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat buat Anda. Tips satu lagi, tetap jaga kondisi tubuh dan kesehatan Anda sehingga bisa bekerja secara maksimal tanpa kelelahan.   


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 11:25 PM

No comments:

Post a Comment