About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Tuesday, June 17, 2014

Tips Agar Kolesterol Tetap Stabil

Selama ini kolestrol dianggap sebagai penyakit orang tua, padahal tanpa kita sadari bagi kita yang masih mudah pun bisa mengidap kolesterol tinggi jika anda tidak mengetahui apa penyebabnya. Biasanya pada masa muda belum terlalu mengkhawatirkan mengenai kolesterol tinggi. Kekhawatiran baru datang pada saat usia sudah separuh baya. Ada seorang karyawati muda yang berumur sekitar 28 tahun mengaku beberapa bulan belakangan ini dia sering mengeluh sakit kepala, setelah dia memeriksakan ke dokter ternyata dia menginap kolesterol tinggi. Saat-saat ini kolestrol dapat menimpah siapa saja bukan hanya orang tua tetapi yang muda pun bisa mengalami kolesterol tinggi jika tidak dijaga.
Baik tua maupun muda, bisa lebih memperhatikan tingkatan kolestrol mereka dan menghindari beberapa hal yang dapat menimbulkan kolesterol tinggi. Jika kita tidak memperhatikannya dengan baik, hal ini bisa menyebabkan resiko stroke, lumpuh, penyakit jantung dan gangguan pada pankreas. Kolesterol adalah salah satu lemak yang penting bagi tubuh untuk mendukung fungsi organ vital dan metabolisme tubuh, jadi Anda tidak perlu terlalu memandang buruk tentang kolesterol. Anda hanya perlu mengontrol kolesterol jangan sampai meningkat kadar kolesterolnya. Berikut dibawah ini ada beberapa tips bisa Anda lihat, bagaimana agar kolesterol anda tetap stabil, adalah sebagai berikut :

1. Pilih Makanan Yang Sehat
Faktor makanan yang tidak sehat dapat memicuh timbulnya kolesterol yang tinggi. Pilih makanan yang bernutrisi dan yang berserat bisa membuat kolesterol anda tetap stabil. Ada makanan yang perlu dihindari karena tingkatan kolesterolnya yang tinggi seperti : cumi-cumi, kuning telur, telur puyuh, margarin, dan otak sapi. 

2. Tingkatkan Aktivitas Fisik
Olahraga sangat baik untuk menurunkan dan menstabilkan kolesterol anda, jangan sampai anda terlalu lama duduk dan bersantai tanpa bergerak. Luangkan waktu anda untuk tetap terus bergerak atau berolahraga minimal 2-3 kali.

3. Hindari Kebiasaan Merokok
Merokok dapat mempengaruhi jantung anda dan memicu kerusakan pada jantung itu sendiri. Merokok bisa menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan kolesterol jahat. Merokok sangat-sangat merugikan kesehatan anda, jadi biasakan diri anda berlahan-lahan untuk berhenti merokok.

4. Kurangi Berat Badan Anda
Berat badan anda bisa diketahui dari lingkar pinggang anda. Ukuran pinggang normal perempuan sekitar 80 cm sedangkan pria sekitar 90 cm. Berat badan yang stabil dapat membuat kolesterol anda pun stabil.

Kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala, namun resikonya sangat berbahaya. Kolesterol ada 2 macam yaitu kolesterol baik dan yang jahat, tugas kita adalah menjaga agar kadar kolesterol tetap stabil. Itulah sebagian dari tips agar kolesterol anda tetap stabil, semoga bisa bermanfaat buat anda.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 7:09 AM

No comments:

Post a Comment