About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Friday, June 6, 2014

Manfaat Keringat Dan Dampak Negatifnya

Keringat

Tubuh yang terlalu banyak bergerak akan mengeluarkan kelenjar keringat sehingga membuat seseorang menjadi segar dan bugar, merupakan manfaat keringat bagi tubuh, tetapi justru sebaliknya jika kelenjar keringat terlalu berlebihan dapat mengakibatkan dampak negatif bagi tubuh. Keringat yang dikeluarkan berfungsi mengatur suhu tubuh. Ada beberapa penyebab proses timbulnya keringat pada kulit, yaitu :  
> Karena pengaruh cuaca panas sehingga kulit mengeluarkan keringat dan pada saat bekerja keras pada situasi cuaca panas. 
> Keringat meningkat karena gugup dan mual disertai deman, sehingga menimbulkan keluarnya keringat.
Kelenjar keringat terdapat beberapa macam, yaitu :
  • Kelenjar keringat yang terdapat di seluruh permukaan tubuh, seperti : telapak tangan, telapak kaki dan wajah. Berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh.
  • Kelenjar keringat yang mengandung lemak, seperti : ketiak dan sekitar alat kelamin yang menghasilkan bau karena aktivitas bakteri.
Bagi anda yang sering bergerak karena berbagai aktivitas yang selalu anda lakukan sehingga menimbulkan keringat, anda tidak perlu risau atau tergangu dengan keringat tersebut justru sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Kadang seseorang takut berkeringat karena akan menyebabkan bau pada bagian-bagian tubuh tertentu sehingga menghilangkan rasa percaya diri. 


Jarang kebanyakan orang enggang untuk bergerak leluasa dan memilih hanya diam saja sehingga dapat menimbulkan obesitas / kegemukan. Manfaat positif dari berkeringat adalah membuang racun dalam tubuh, membantu mendinginkan tubuh saat kepanasan, membakar kalori, menurunkan stres, memperlancar sirkulasi darah, dan mempercantik kulit. Manfaat ini buat anda yang sering mengerakkan tubuh pada saat beraktivitas.

Ada beberapa hal yang membuat seseorang enggang untuk bergerak dan beraktivitas karena beberapa hal seperti bau badan. Bagi anda yang memiliki aktivitas yang padat sehingga membuat timbulnya keringat yang berlebihan. Anda boleh tahu ada beberapa dampak negatif dari keringat yang berlebihan, yaitu :
  1. Menyebabkan kulit dan baju terlihat basah dan lembab.
  2. Meningalkan bercak / bekas putih atau kekuningan pada pakaian.
  3. Menyebabkan gata-gatal dan kemerahan pada kulit.
  4. Menimbulkan tumbuhnya beberapa bakteri atau jamur.
  5. Dapat menimbulkan resiko fatal pada saat berkeringat lalu mandi dengan air dingin.
Apabila anda berkeringat lebih banyak, usahakan untuk diam / mendinginkan badan sejenak sampai keringat hilang lalu kemudian mandi dengan air hangat. Sangat tidak baik untuk kesehatan anda jika pada saat berkeringat lalu tiba-tiba mandi dengan air dingin. Usahakan untuk dapat berolahraga secara tertib dan teratur agar keringat tidak keluar berlebihan. Bagi anda yang beraktivitas di rumah atau di kantor, usahakan anda kontrol gerak anda agar tidak berlebihan sehingga mengeluarkan banyak keringat. Untuk anda yang memiliki tubuh gemuk / obesitas, usahakan untuk mengurangi porsi makanan karena makanan yang berlebihan dapat menimbulkan keringat yang berupa lemak, jika porsinya tidak terkontrol dapat meningkatkan kegemukan pada tubuh anda.

Anda bisa mencoba melakukan beberapa tips diatas dan mempelajari beberapa manfaat juga dampak negatif dari keringat. Semoga informasi diatas dapat membantu anda untuk lebih tahu manfaat dan dampak negatif kelenjar keringat bagi tubuh.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 5:38 AM

No comments:

Post a Comment