About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Tuesday, June 24, 2014

Tips Mengatasi Penyakit Duduk

Berbagai kebiasaan sering dilakukan tiap hari bisa berdampak buruk pada kesehatan kita, seperti terlalu lama duduk. Tahukah Anda bahwa terlalu lama duduk dapat menganggu kesehatan Anda, apalagi jika dipadukan dengan kebiasaaan  makan makanan dan minuman yang tidak sehat. Terlalu lama duduk tanpa aktivitas gerak, akan menimbulkan berbagai penyakit mematikan. Hati-hati duduk terlalu banyak bisa menyebabkan kanker. Lebih baik Anda banyak beraktivitas gerak atau lebih sering untuk berolahraga daripada harus duduk lebih banyak.
Duduk di depan televisi, di kantor, di kendaraan dsb, bisa menyebabkan kanker usus, kanker endometrim dan kanker paru-paru. Kebiasaan duduk didepan televisi bisa menyebabkan kanker dan jika Anda juga memiliki kebiasaan nonton televisi sambil makan makanan olahan yang tidak sehat dan minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi atau yang mengandung soda, bisa menyebabkan obesitas. Kurang bergerak bisa juga menyebabkan kanker payudara atau pun kanker prostat, ini diakibatkan karena kurang banyak bergerak atau beraktivitas berolahraga.
Untuk mengatasinya, kurangi aktivitas duduk berjam-jam atau duduk terlalu lama. Dengan mengurangi duduk dan memperbanyak berjalan kaki bisa mengurangi timbulnya berbagai macam penyakit kanker. Bagi Anda yang bekerja di kantor yang memiliki aktivitas seharian di depan kantor bisa melakukan tips ini, kurangi duduk dengan cara keluar sejenak dari ruangan kantor berjalan-jalan di sekitar ruangan kantor. Atau Anda bisa pun melakukan makan siang di luar kantor. Intinya adalah aktivitas gerak yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi duduk yang terlalu lama.

Cara lain bisa Anda lakukan dengan cara, bangkit dari tempat duduk dan berjalan santai setelah makan siang. Hal ini akan membantu menurunkan kadar gula pada darah. Jika Anda hanya memiliki aktivitas duduk saja, maka bisa mengakibatkan obesitas atau berat badan bertambah. Obesitas dapat memicu timbulnya kanker peradangan dan meningkatnya kadar hormon yang bisa menyebabkan pembentukan tumor. Berat badan yang bertambah akan menurunkan kadar vitamin D dalam tubuh sehingga menimbulkan kanker usus.

Aktivitas duduk terlalu lama bisa Anda ganti dengan hanya beristirahat beberapa jam sekali saja. Membiasakan diri untuk beraktivitas gerak banyak akan membiasakan diri Anda pula untuk beristirahat beberapa jam saja. Berjalan cepat melintasi lorong sangat efektif bisa Anda lakukan daripada duduk seharian di depan televisi atau duduk seharian di kendaraan motor maupun mobil Anda. Bagi Anda yang memiliki kendaraan yang aktivitasnya duduk, bisa diganti dengan berjalan kaki menuju ke tempat tujuan.

Bagi Anda yang memiliki aktivitas sehari di rumah atau sebagai ibu rumah tangga, pasti memiliki banyak aktivitas gerak. Jika Anda berada di depan televisi, baiknya sesekali Anda nonton sambil berdiri lalu duduk sejenak jika Anda merasa lelah. Lakukan hal ini secara bergantian, sehingga ada aktivitas gerak bukan duduk secara monoton. Yang lebih utama kurangi duduk berlebihan dan perbanyak beraktivitas gerak atau berolahraga (olahraga yang Anda senangi). Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat Anda.



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 10:07 PM

2 comments:

  1. tq tipsnya :D

    dtunggu kunjungan baliknya n folbackya ya di
    http://perumnas3.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Oke, sama2 bro,,,udah saya folback balik ya...terima kasih atas kunjungannya di situs kami :D

    ReplyDelete