About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Saturday, June 7, 2014

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Si orange yang satu ini merupakan makanan favorit kelinci. Mungkin, kita juga harus menjadikan wortel sebagai makanan favorit kita. Mengapa? karena wortel menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan kita. Wortel termasuk jenis sayuran yang bisa anda buat jadi masakan sup atau anda bisa mengelolahnya menjadi jus yang nikmat. Wortel banyak mengandung vitamin terutama vitamin A dan bisa juga mengkonsumsinya langsung seperti buah.
Wortel juga bisa dicampur pada makan bayi untuk meningkatkan pertumbuhan bayi khususnya  penglihatan pada mata. Mungkin sekarang tingkat harga wortel di pasaran cukup naik, karena wortel memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat dan mudah untuk memperolehnya. Berikut manfaat mengkonsumsi wortel bagi kesehatan, yaitu :

Baik untuk penglihatan
Wortel mengandung vitamin A dan vitamin A baik untuk kesehatan mata. Orang-orang yang sulit melihat di malam hari, baiknya mencoba untuk mengkonsumsi wortel. Selain itu studi menunjukkan wortel dapat membantu mengurangi kemungkinan katarak.

Dapat membantu mengurangi kelebihan berat badan / obesitas
Wortel mengandung banyak serat yang membantu usus untuk bekerja lebih baik dan membantu membuang kotoran melalui tubuh.

Dapat menurunkan kolestrol
Wortel juga banyak mengandung soluble fiber calcium pectate yang membantu asam empedu dalam tubuh untuk menarik kolestrol dari aliran darah.

Dapat mengurangi tekanan darah tinggi
Wortel mengandung zat kalium yang mampu membuang sodium dari dalam tubuh.

Membantu membersihkan gigi
Mineral yang terkandung dalam wortel bisa membantu untuk membunuh kuman di mulut, sehingga terhindar dari kerusakan gigi.

Bermanfaat sebagai anti oksidan
Beta karoten yang terdapat dalam wortel bisa membantu tubuh untuk melawan sel-sel rusak.

Dapat membantu meringankan diare
Serat yang terkandung dalam wortel dapat membantu memperlambat pertumbuhan bakteri jahat dalam perut, lebih bagus wortel di buat sup atau jus dan diberikan kepada penderita diare.

Dapat mengurangi kemungkinan penyakit kanker.
Beta karoten pada wortel bisa membantu mengurangi serangan kanker, khususnya kanker pau-paru.

Mampu mengontrol kadar gula darah
Karotenoid yang terkandung dalam wortel dapat mempengaruhi tingkat resistensi insulin dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Membantu mengurangi sakit kepala
Jus wortel membantu tubuh mengirim darah ke otak, yang akan membantu untuk mengurangi rasa sakit kepala.

Nah, itulah seberapa manfaat wortel untuk kesehatan, semoga bisa bermanfaat buat anda dan sekeluarga. Biasakanlah dan terapkan dalam keluarga anda untuk banyak mengkonsumsi sayur-sayuran alami terutama wortel yang memiliki banyak kandungan vitamin A di dalamnya.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 10:44 PM

No comments:

Post a Comment