About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Thursday, June 12, 2014

Cara Menghilangkan Rasa Kurang Percaya Diri

Masih ada di kalangan kita masyarakat masih menyimpang rasa minder (merasa tidak mampu) atau berkecil hati. Perasaan seperti ini yang akan mempengaruhi anda dalam bisnis atau pekerjaan anda atau bersosialisasi dengan seseorang. Sifat minder pada dasarnya di pengaruhi oleh faktor lingkungan dimana seseorang berada atau pengaruh tekanan yang dari orang terdekat atau keluarga. Rasa kurang percaya diri (minder) akan membuat mental seseorang menjadi lemah, tidak bisa mengambil suatu keputusan, inisiatif, kadang menghindar jauh dari kumpulan-kumpulan orang. Keluarga sangat bisa membantu untuk memberikan dukungan dan motivasi untuk bisa meningkatkan rasa percaya diri.
Rasa minder dengan rasa malu cukup berbedah, rasa malu memiliki karakter bersifat sementara dimana di dalamnya masih ada rasa percaya diri, tetapi memerlukan waktu yang tepat. Rasa minder memiliki karakter yang tertutup dan rasa takut dimana didalamnya sudah tertera kata "saya tidak bisa" dan diperlukan dorongan dan motivasi yang kuat dan tidak mau menerima kritikan apapun karena sifat minder ini sangat sensitif dan hanya kata-kata yang bersifat semangat diperlukan. 

Bagi anda yang memiliki keluarga, saudara atau teman yang memiliki sifat minder, usahakan untuk tidak memberikan saran berupa kritikan karena hal itu akan membuatnya merasa tidak mampu / merasa lemah. Berikanlah kata-kata dorongan, motivasi yang membuatnya untuk tetap semangat. Ada beberapa cara menghilangkan rasa minder, yaitu :
  1. Dengarkan kaset-kaset motivator
  2. Perlu dukungan dari teman, sahabat, keluarga, maupun kekasih
  3. Mengikuti kumpulan seminar pengembangan kepribadian
  4. Belajar berpikir yang positif dan berkata yang positif
  5. Belajar mengucapkan kata"saya pasti bisa" bukan "saya tidak bisa"
  6. Belajar untuk mencoba segala sesuatu dan hal-hal yang baru
  7. Belajar tampil di depan umum walaupun harus gemetar, jika sudah terbiasa untuk selanjutnya pasti bisa.
  8. Perbanyak relasi atau teman yang bisa menunjang kepribadian anda untuk menjadi pribadi yang kuat.
  9. Belajar dan terus belajar sampai rasa minder itu hilang dan berubah menjadi rasa percaya diri (pede).

Jika anda melakukan semua hal tersebut diatas dan menjadikan suatu kebiasaan anda sehari-hari, maka rasa minder itu pasti akan hilang dan berubah menjadi percaya diri. Bagi anda yang memiliki anak, jangan biarkan sampai ada tekanan yang berlebihan dalam keluarga anda. Ini akan membuat anak tidak bisa memiliki semangat dan percaya diri kelak, karena hanya terlintas di pikiran mereka adalah kelemahan. Biarkan anak-anak anda mengembangkan setiap kreatifitas mereka sambil mengarahkan mereka untuk mendapat yang terbaik.

Rasa minder (kurang percaya diri) bisa mempengaruhi kualitas hidup bersosialisasi anda dimana pun anda berada dan menurunkan produktifitas anda dalam dunia kerja atau bisnis anda. Inilah beberapa tips dan cara menghilangkan rasa minder, semoga dapat bermanfaat buat anda. Tetap semangat, percaya diri bahwa anda pasti bisa!



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 9:10 AM

No comments:

Post a Comment