About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Sunday, June 22, 2014

Cara Sehat Secara Mental

Otak kita mempunyai sel-sel saraf penuh sejak masa bayi dan bisa hilang satu per satu ketika usia bertambah tua. Otak kita memiliki proses neurogenesis dimana sel-sel baru lahir tak pernah berhenti. Otak kita perlu dilatih terus menerus karena bertambahnya usia, proses bekerja otak mulai berkurang. Proses kerja otak akan sangat mempengaruhi kesehatan mental kita. Jika otak kita terlalu banyak bekerja keras tanpa memperhatikan kesehatannya, hal ini akan berefek pada kesehatan mental. Dengan bertambahnya usia Anda, maka sitem saraf pada otak kita akan bekerja lambat dalam menangkap sesuatu di sekitar kita. Berikut dibawah ini cara untuk melatih dan menguatkan otak, adalah sebagai berikut :
Tambah Keterampilan Anda
Otak perlu di latih dengan cara menambah keterampilan Anda baik berbagai jenis disiplin ilmu pengetahuan, sperti : terus belajar  memasak, menulis memo, membuat perhiasan dan berbagai kursus lain. Hal ini bisa membantu Anda untuk belajar bahasa baru sehingga hari demi hari kesehatan mental tetap terjaga.

Perlu Berolahraga
Olahraga sangat bermanfaat untuk mengolah dan melatih otak Anda, agar pikiran lebih tajam dan meningkatkan ingatan Anda. Dengan gaya hidup yang kurang banyak bergerak tidak akan membantu pikiran kita menjadi tajam. Berbagai olahraga atau gerak yang bisa Anda lakukan, seperti : berjalan kaki, dansa, tau berenang. Aktivitas yang baik akan sangat membantu otak untuk bekerja sehingga bermanfaat untuk badan dan jiwa (mental) Anda.

Konsumsi Makanan Untuk Otak
Ada beberapa makanan yang bisa menambah nutrisi pada otak Anda, seperti : ikan salmon, avokad, pisang, cokelat, nasi, telur, tomat dan bayam. Anda pun bisa mengkonsumsi minuman yang bisa membantu proses kerja otak, seperti : teh hijau dan kopi. Dengan menambah nutrisi pada otak bisa meningkatkan kekuatan otak dan kesehatan mental pun tetap terjaga.

Isi Waktu Luang Anda
Otak yang bekerja seharian terus-menerus tanpa istirahat, bisa membuat pikiran kita jadi tumpul dalam arti bisa menimbulkan kebosanan. Otak perlu rileks dan perlu juga penyegaran dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti : nonton tv, sport, dan latih dengan mainan yang Anda suka.

Tertawalah Yang Baik
Humor merupakan salah satu hal yang menyenangkan dan bisa membuat Anda tertawa, melatih otak untuk berpikiran jernih. Pada saat bekerja di kantor, Anda bisa mencandah sejenak dengan humor yang lucu. Tertawa bisa menstimulir otak kembali segar dan sel-sel saraf bisa kembali elastis. Anda bisa memperhatikan orang tua yang memiliki rasa humor yang baik, pasti memiliki otak yang jernih dan memiliki mental yang sehat.

Tantang Otak Kecerdasan Anda
Memberi tantangan buat otak Anda, bisa membantu meningkatkan kualitas kecerdasan otak Anda, membuat pikiran menjadi tajam, seperti : menghafal dan membaca sesuatu, dari buku favorit Anda, sampai puisi, dan kutipan-kutipan inspirasi. Semakin Anda melatih otak dengan memberikan tantangan, akan meningkatkan proses otak untuk terus aktif bekerja dan meningkatkan kualitas berpikir Anda.

Jika otak bisa terlatih dan terus dilatih akan membantu jiwa dan badan kita terasa sehat begitupun juga dengan mental kita. Anda bisa juga melakukan interaksi dengan orang lain karena ini akan membantu pikiran lebih tajam.Otak perlu dijaga proses neurogenesisnya agar tidak pernah berhenti untuk bekerja. Jika mental kita tidak sehat berarti ada sesuatu yang tidak beres dengan proses kerja otak. Anda bisa melakukan beberapa cara diatas untuk melatih dan menguatkan otak dengan seiring bertambahnya usia Anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat Anda.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 5:00 AM

No comments:

Post a Comment