About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Friday, June 20, 2014

Cara Membangun Dana Darurat

Dalam dunia kerja sekarang banyak persaingan ketat, perekonomian yang tidak menentu, perusahaan yang kemungkinan pengurangan pegawai atau kemungkinan perusahaan akan tutup. Semua hal ini bisa membuat para pegawai kehilangan pekerjaan. Di perlukan membangun dana darurat untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan pekerjaan karena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau sementara mencari pekerjaan. Mengapa di perlukan dana darurat? karena dana darurat bisa menjadi tabungan Anda pada saat sedang menganggur.
Mungkin hanya sebagian orang yang melakukan hal ini, hanya seperempat pegawai yang menabung untuk persediaan saat kehilangan pekerjaan. Saatnya Anda memulai menabung untuk membangun dana darurat pada saat nantinya Anda kehilangan pekrjaan. Dana ini bisa Anda gunakan untuk 6 bulan kedepannya selama Anda mencari pekerjaan baru. Di bawah ini adalah beberapa cara membangun dana darurat mulai dari sekarang, seberapapun gaji Anda, sebagai berikut :

1. Lihat Seberapa Besar Pengeluaran Anda
Jika anda memiliki pengeluaran besar, seperti : untuk berlibur atau membeli sebuah mobil, baiknya pengeluaran Anda kecilkan dengan cara mengganti mobil mewah menjadi mobil biasa atau liburan Anda ganti di rumah saja.

2. Tinggalkan Kartu Kredit Anda
Kartu kredit biasa digunakan untuk berbelanja keperluan yang besar, baiknya Anda mengeluarkan uang tunai dalam jumlah yang kecil. Jika sudah terbiasa memakai kartu kredit maka kemungkinan besar Anda tidak akan bisa membangun sebuah dana darurat atau tabungan. 

3. Jangan Membelanjakan Uang Yang Diperoleh Dari Sumber Lain
Jika Anda memperoleh uang dari sumber lain, seperti hadiah atau warisan, sebaiknya Anda tabung dengan bunga yang lebih tinggi. Jika gaji naik atau naik jabatan, jangan sampai meningkatkan gaya hidup Anda.

4. Jangan Campur Tabungan Dengan Uang Sehari-Hari
Anda bisa memisahkan rekening yang berbeda dan segera Anda sisihkan ke tabungan setiap kali terima gaji. Dengan memisahkan tabungan dengan uang sehari-hari Anda, maka Anda bisa membangun sebuah dana darurat.

Memiliki uang cukup untuk dana darurat bisa membuat perbedaan antara tidak nyaman dan panik pada saat Anda kehilangan pekerjaan. Dengan membangun dana darurat akan membantu Anda memiliki tabungan untuk memenuhi keperluan setiap hari saat Anda tidak memiliki pekerjaan. Anda bisa melakukannya mulai sejak dini membangun sebuah dana darurat untuk masa depan di kemudian hari. Itulah sebagian informasi yang saya sampaikan kepada Anda, semoga bisa bermanfaat. 


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 5:56 AM

No comments:

Post a Comment