About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Saturday, June 7, 2014

Manfaat Senyum Bagi Kesehatan

Ingin tahu cara mudah untuk tetap terlihat lebih muda? Tersenyumlah. Sebuah penelitian di Jerman mengungkapkan bahwa ekpresi wajah memiliki dampak yang besar yang membuat anda terlihat tua. Maka dengan senyum justru membuat penampilan anda lebih muda. Sederhana dan mudah sekali, anda tak perlu repot-repot menggunakan krim anti-ageing dan melakukan perawatan khusus untuk membuatnya tampak muda. Cukup senyum, namun ingat batasannya.
Peneliti Jerman menanyakan lebih dari 150 wanita dan pria dari berbagai usia untuk menebak usia orang lain dengan memperlihatkan foto 171 wajah, termasuk wajah anak muda, pria paruh baya dan orang lanjut usia. Di sisi lain, mereka tampak marah, takut, jijik, sedih hingga hanya menunjukkan ekspresi wajah netral. Lantas apa hubungannya antara senyum dan efek umur? Peneliti menjelaskan bahwa orang dengan ekspresi raut muka senang menjadi menarik dengan cara lain termasuk terlihat lebih muda mereka dari usia sebenarnya.

Kerutan sementara yang dibuat oleh senyum ternyata membuat sulit untuk menilai usia seseorang, sehingga sulit bagi seseorang untuk menebak usia orang lain yang sebenarnya. Terseyum juga membantu melunakkan garis dan kerutan di dahi. Wanita harusnya merasa sangat beruntung. Dengan terseyum, wanita terlihat tiga tahun lebih muda. Ada beberapa manfaat senyum bagi kesehatan, yaitu :
  1. Senyum membuat seseorang lebih menarik.
  2. Senyum bisa mengubah suasana hati menjadi lebih baik.
  3. Senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.
  4. Senyum bisa meredakan stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.
  5. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik.
  6. Senyum menurunkan tekanan darah.
  7. Senyum bisa melepaskan endorfin penghilang rasa sakit dan serotonin.
  8. Lipatan senyum di wajah bisa membuat orang terlihat lebih muda.
  9. Tersenyum bisa membuat orang terlihat sukses dan membuat lebih percaya diri sehingga lebih dipromosikan.

Seperti diketahui dibutuhkan lebih sedikit otot wajah untuk membuat seseorang terseyum dibanding cemberut dan hanya 17 otot untuk terseyum. Selain itu terseyum juga bisa meningkatkan kesehatan seseorang dan membuat hidupnya lebih menyenangkan. Yuk, rajin terseyum sebagai obat mujarab terlihat muda dan tentu saja semakin manis. 



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 7:31 AM

2 comments: