About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Monday, August 11, 2014

Cara Membuat Masakan Koteng (Siput Sawah)

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/08/cara-membuat-masakan-koteng.html
Masakan Siput Sawah
Koteng adalah sejenis siput sawah yang hidup di dasar lumpur sawah dan juga dapat ditemukan di pinggiran sungai kecil, rawa-rawa dan pinggir danau. Siput sawah ini biasanya menempel pada batang padi dan tumbuhan-tumbuhan lain yang hidup di air. Koteng biasanya disebut sebagai siput sawah, keong sawah atau bahasa sundanya tutut. Siput sawah ini bisa diolah jadi masakan lezat dan nikmat dan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Kandungan yang terdapat dalam siput sawah, seperti : protein, kalsium, asam omega (3,6,9), vitamin A, vitamin E, vitamin B3, dan folat. Siput sawah jika diolah menjadi masakan, sangat bermanfaat bagi kesehatan, dapat menjaga kekebalan tubuh dari penyakit, menyembuhkan migrain, mengobati tekanan darah tinggi, mengobati penyakit liver, mengobati penyakit kuning, dan mengatasi vertigo.

Siput sawah memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan rendah lemak, baik untuk memenuhi cukup asupan gizi dan protein. Daging siput sawah atau koteng dapat diolah menjadi sate, masakan pepes, disambel atau dimasak kecap. Koteng sudah menyebar di berbagai mancanegara dan dikelolah menjadi masakan yang diminati oleh semua orang. Sebelum diolah menjadi masakan, terlebih dahulu di rendam sehari semalam untuk menghilangkan lumut dan lumpur yang menempel pada cangkang siput sawah. Jangan lupa juga membersihkan bagian cangkang siput dengan cara memotong bagian siput yang runcing. Berikut ini saya akan memberikan resep masakan koteng yang juga sering saya olah jadi masakan yang nikmat.

Resep Masakan Koteng (Siput Sawah)


Bahan-bahan :
1 kg koteng (siput sawah)
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 cm jahe
5 buah cabai merah
1/2 sdm merica
Kunyit bubuk
Santan kental
Santan encer
2 batang serai (dimemarkan)
1 potong lengkuas (dimemarkan)
1 batang daun bawang (diiris tipis)
2 batang daun seledri / daun sup
2 sdm minyak goreng
Garam secukupnya
Penyedap rasa

Bumbu dihaluskan :
Tumbuk halus merica, bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai merah, lalu tiriskan.

Cara membuatnya :
Panaskan minyak ke dalam wajan, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum setelah itu masukkan santan encer, lalu masukkan lengkuas, serai, dan kunyit bubuk secukupnya, lalu aduk rata. Setelah mendidih, masukkan siput sawah dan biarkan 1/2 matang, lalu masukkan santal kental, daun seledri, garam dan penyedap rasa secukupnya.
Setelah matang masukkan daun bawang, lalu angkat dan tiriskan. Sajikan dalam mangkok dan nikmati selagi masih hangat.

Nah, masakan koteng telah selesai dan Anda bisa menikmatinya bersama keluarga Anda. Masakan koteng bisa dinikmati bersama nasi hangat jika Anda menyukainya. Masakan koteng ini sangat baik untuk kesehatan dan dapat dikonsumsi oleh keluarga Anda. Koteng atau siput sawah bisa Anda peroleh dan dijual di pasar-pasar tradisional dan harganya pun cukup relatif murah. Semoga resep masakan koteng ini bisa bermanfaat bagi Anda dan menambah informasi seputar makanan yang nikmat dan bergizi.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 5:51 AM

5 comments:

  1. Mba potong ekor tutut gimana caranya?

    ReplyDelete
  2. Mba potong ekor tutut gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipotong sedikit dengan pisau, biasanya ada beberapa cangkang yang cukup keras, jadi.harus bekerja ekstra untuk memotongnya.

      Delete