About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Sunday, August 10, 2014

Cara Membuat Masakan Pisang Epe

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/08/cara-membuat-masakan-pisang-epe_67.html
Masakan Pisang Epe
Pisang epe merupakan cemilan paling nikmat yang bahan utama adalah pisang kepok, masakan pisang epe ini bisa dijadikan cemilan di sore hari dengan ditemani secangkir kopi atau teh. Pisang epe merupakan masakan ciri khas kota Makassar yang sering Anda jumpai di disekitar pinggiran pantai losari. Anda bisa berkunjung di pantai losari menikmati pisang epe di tengah-tengah hembusan angin laut pada sore hari. Dalam membuat pisang epe, pilih pisang kepok yang sudah sentengah matang, jangan pilih yang sudah terlalu matang atau masih mudah, karena jika pisangnya terlalu masak rasa empuknya tidak akan terasa, begitupun pisang kepok yang masih terlalu mudah, pada saat diolah tidak memilihki rasa gurih melainkan rasa asam atau pahit. 

Pisang epe bisa dipadukan dengan taburan keju, coklat, susu kental manis, saus durian atau parutan kelapa. Cemilan ini bisa juga Anda berikan kepada anak Anda untuk bekal ke sekolah dan juga bagi anak Anda yang tidak menyukai makan makanan buah, seperti : buah pisang, masakan pisang epe ini bisa Anda berikan kepada keluarga Anda. Buah pisang dan gula merah baik untuk kesehatan dan kecantikan Anda sekeluarga, seperti : melancarkan pencernaan, sedangkan gula merah bermanfaat membersihkan darah dari racun-racun, mampu mengatasi sariawan, mencegah anemia, mencegah jerawat, mencegah asma dan meredahkan rasa nyeri pada saat menstruasi. Saya akan memberikan resep masakan bagaimana cara membuat cemilan pisang epe untuk keluarga Anda.

Resep Masakan Pisang Epe


Bahan-bahan :
15 buah pisang kepok (setengah matang)
400 gram gula merah / gula jawa
6 lembar daun pandan (simpulkan)
3 butir daging buah durian
600 ml air
1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir putih
25 gram margarin (untuk olesan)

Campuran saus :
Rebus air sampai matang, lalu masukkan gula merah sambil di aduk rata. Setelah gula merah setengah mencair masukkan daging buah durian, garam, gula pasir dan daun pandan sambil di aduk dan menyatu dengan gulah merah. Setelah matang lalu tiriskan.

Cara membuatnya :
Sediakan alat untuk memangang yang terbuat dari besi, jika tidak ada, Anda bisa menggunakan wajan datar untuk memangang. Pipihkan pisang satu per satu sampai habis sambil diolesi dengan margarin di kedua sisi sampai rata, lalu panggang di atas alat panggang sambil di kipas atau panggang di atas wajan sambil di bolak balik sampai berwarna kecoklatan jangan sampai gosong. Setelah pisang matang, angkat lalu ditiriskan, sajikan di atas piring lalu siram diatasnya dengan campuran saus gula merah.

Nah, masakan pisang epe telah selesai, Anda bisa sajikan di sore hari bersama teh hangat dan dinikmati bersama keluarga tercita Anda. Pisang epe bisa Anda tambahkan parutan keju, coklat, atau susu kental manis rasa coklat sesuai dengan selera Anda. Bahan daging buah durian bisa Anda ganti dengan parutan kelapa jika Anda tidak menyukai daging buah durian. Pembuatan masakan pisang epe ini tidak terlalu sulit, sehingga kapan saja Anda bisa membuatnya untuk keluarga Anda. Resep ini bisa Anda coba di rumah dan semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekeluarga.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 8:15 AM

No comments:

Post a Comment