About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Tuesday, August 5, 2014

Cara Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/08/cara-beradaptasi-di-tempat-kerja-baru.html
Lingkungan tempat kerja dahulu belum tentu sama dengan lingkungan tempat kerja yang baru. Situasi yang berbeda akan mungkin Anda dapatkan di tempat kerja yang baru dan Anda akan mulai beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan sitem management yang berbeda. Anda bisa mengembangkan sikap, perilaku, dan tutur kata yang santun di tempat kerja yang baru. Jangan mengharapkan orang lain atau pun perusahaan yang berada dalam lingkungan kerja baru itu mau menyesuaikan diri dengan Anda. Kita sebagai karyawan yang baru harus lebih bisa beradaptasi dengan karyawan yang lainnya dan tidak memperlakukan dengan situasi di tempat kerja yang dahulu. 

Mungkin lingkungan tempat yang baru kita tempati sekarang tidaklah seyaman dengan lingkungan tempat kerja yang dahulu. Seorang pekerja baru harus fokus pada sistem kerja yang baru sehingga Anda dapat lebih mudah menyesuaikan diri. Ada beberapa orang yang bisa langsung beradaptasi dengan lingkungan tempat kerja yang baru karena mungkin mereka memiliki pribadi yang menyenangkan sehingga mereka mudah disenangi oleh orang lain. Anda ingin mengetahui bagaimana cara menjadi pribadi yang menyenangkan, Anda bisa baca selanjutkan dalam cara menjadi pribadi yang menyenangkan di tempat kerja.  Ada beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan saat berada di lingkungan tempat kerja baru Anda.

Tips Dan Cara Beradaptasi Di Lingkungan Tempat Kerja Baru 


Bersikap Positif
Pada saat Anda sudah berada di lingkungan tempat kerja yang baru, baiknya Anda menjaga sikap dengan cara agar tetap memiliki pandangan dan pikiran yang positif atau bersikap positif sehingga Anda lebih mudah menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan mereka. Sikap positif tanpa memikirkan yang hal-hal yang jelek akan membuat Anda lebih percaya diri dalam bekerja.

Mengetahui Alur Tugas
Fokus pada pekerjaan baru Anda dengan mengetahui alur-alur tugas yang diberikan, sehingga Anda lebih mudah bekerja dan beradaptasi atau menyesuaikan diri di tempat baru Anda. Jika ada sesuatu yang Anda belum pahami dengan mengenai alur tugas Anda, Anda jangan segan-segan untuk bertanya pada atasan atau rekan kerja Anda.

Mengenali Budaya Kerja Perusahaan
Anda bisa lebih banyak mencari informasi mengenai budaya kerja perusahaan (sistem management perusahaan) tempat Anda bekerja, baik melalui teman atau rekan kerja. Dengan mengetahui dengan benar budaya kerja perusahaan, maka Anda lebih mudah menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Anda bisa lebih pro aktif dalam bekerja di tempaat kerja yang baru.

Belajar Terbuka Dan Menerima Setiap Kritikan Dan Saran
Jika ada yang Anda belum pahami dan mungkin mengalami suatu masalah dalam pekerjaan baru atau melakukan kesalahan kecil, Anda bisa lebih terbuka bertanya, menerima setiap kritikan dan saran dari perusahaan. Hal ini akan lebih mempermudah Anda untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Usahakan jangan menutup diri atau malu, tetapi tetaplah optimis melakukan setiap pekerjaan Anda.

Menentukan Target Untuk Diri Sendiri
Jika Anda sudah mengetahui alur kerja atau tugas Anda, sudah mengenali budaya kerja perusahaan, dan sudah terbuka menerima setiap kritikan, Anda bisa menentukan sendiri target untuk diri Anda sendiri dalam menyelesaikan tugas dengan baik dan benar dan kapan Anda bisa mencapai hasil.


Nah, jika Anda sudah mulai beradaptasi dengan lingkungan tempat kerja Anda yang baru, maka dengan sendirinya karir Anda akan meningkat dengan tetap memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi. Dari semua saya dapat simpulkan, jika kita ingin berhasil di lingkungan tempat kerja yang baru, maka tidak akan pernah lepas dari namanya belajar dan terus belajar, walaupun kita memiliki banyak pengalaman atau sudah ahli di berbagai bidang. Tanpa belajar dan terus belajar, maka ilmu itu akan berkurang dan merosot. Jika Anda sudah beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, Anda bisa menerapkan potensi yang lebih yang Anda miliki untuk menunjang karir Anda di lingkungan kerja yang baru. Inilah serangkaian informasi yang saya bisa berikan kepada Anda, semoga artikel ini bisa memberi manfaat buat Anda untuk terus berkarir dan sukses selalu.



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 8:21 AM

No comments:

Post a Comment