About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Sunday, August 10, 2014

Cara Membuat Masakan Sup Kacang Merah

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/08/cara-membuat-masakan-sup-kacang-merah.html
Sup Kacang Merah
Masakan sup kacang merah atau sering disebut brenebon merupakan makanan yang sudah digemari oleh setiap yang menikmatinya, masakan ini merupakan masakan khas Sulawesi khususnya daerah Manado. Masakan sup brenebon memiliki bahan dasar dari kacang merah yang dimana memiliki banyak kandungan, seperti : vitamin B kompleks, vitamin B1, vitamin A, folat, zat besi, protein dan kalsium. Kandungan yang terdapat dalam kacang merah bermanfaat bagi kesehatan tubuh, baik untuk menjaga sel otak dan saraf yang terdapat kacang merah, sebagai sumber energi, menjaga kadar gula dalam tubuh, mengontrol berat badan.

Bagi Anda yang saat ini dalam proses menjalankan diet, masakan ini bisa Anda masukkan ke dalam daftar menu diet Anda, karena sup kacang merah mampu memberikan rasa kenyang, tidak mudah lapar dan memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh. Anda juga bisa baca lebih lanjut tips mendapatkan tubuh langsing. Sup kacang merah banyak mengandung gizi untuk penambah darah bagi Anda yang dalam masa pemulihan kesehatan. Anak-anak pun sangat menyukai masakan ini, nah..untuk menambah asupan gizi  bagi anak Anda, Anda bisa mencobanya untuk menyajikannya buat keluarga tercinta Anda. Kacang merah mudah Anda temui di supermaket, swalayan dan pasar-pasar tradisional. Berikut dibawa ini, saya akan memberikan resep masakan sup kacang merah atau masakan sup brenebon yang juga merupakan makanan pavorit saya, sebagai berikut :

Resep Masakan Sup Kacang Merah


Bahan-bahan :
1/2 kg kacang merah
1/2 kg daging kerbau beserta tulang iga (sesuai selera)
5 batang daun seledri /daun sup (dipotong halus sesuai selera)
2 batang daun bawang (dipotong dadu sesuai selera)
1 buah pala (dimemarkan)
3 buah cengkeh (sesuai selera)
2 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1/2 sdm merica
2 sdm minyak goreng (untuk menumis)
1,700 ml air (untuk merebus daging / kaldu)
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya


Cara membuatnya :
  • Pertama-tama kacang merah di rendam ke dalam loyang selama kurang lebih 1,5 jam, setelah itu bersihkan daging kerbau lalu direbus dengan 1,700 ml air di dalam panci ukuran sedang.
  • Haluskan merica, bawang putih dan bawang merah. Panaskan minyak ke dalam wajan, lalu tumis campuran bumbu yang telah di haluskan.
  • Setelah daging 1/2 matang, lalu masukkan kacang merah, lalu masukkan tumisan bumbu, pala, cengkeh lalu aduk rata, biarkan kacang merah 1/2 matang. Masukkan daun seledri, daun bawang, garam dan penyedap rasa secukupnya lalu aduk rata. 
  • Setelah matang lalu tiriskan, Anda bisa menaburinya dengan bawang goreng, lalu sajikan hangat dengan sambel pedas dan nasi hangat. Hmm...nikmat!

Nah, resep masakan sup kacang merah telah selesai, Anda bisa menikmatinya bersama keluarga Anda. Bahan daging kerbau bisa Anda ganti dengan tulang iga sapi sesuai dengan selera Anda. Mengapa kacang merah di rendam di dalam air? agar bisa menghasilkan kacang merah yang empuk dan proses masak juga tidak terlalu lama. Semoga resep masakan ini bisa menjadi masakan pavorit keluarga Anda dan semakin berkreasi menghasilkan masakan-masakan yang bergizi dan sehat.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 1:18 AM

2 comments:

  1. wah ini salah satu makanan kesukaan saya nih mbak, makasih buat resepnya nanti saya mau coba nih pasti enak bangat yah :)

    ReplyDelete