About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Thursday, August 7, 2014

Cara Membersihkan Lemari Es

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/08/cara-membersihkan-lemari-es.html
Lemari Es
Lemari es (kulkas) merupakan alat pendingin dan penyimpanan makanan yang biasa untuk keperluan sehari-hari. Untuk menjaga makanan tetap sehat dan segar, lemari es perlu di bersihkan sekali sebulan untuk menghindari jamur dan bakteri yang bersarang dan menempel dalam lemari es, sehingga bisa meningkatkan resiko keracunan makanan, maka dari itu lemari es sangat penting dan perlu diperhatikan kebersihannya. Luangkan waktu untuk memeriksa isi dalam lemari es, mungkin ada makanan yang tertumpah yang dapat mengotori isi dalam lemari es dan bisa langsung membersihkannya. Setiap minggu sekali juga perlu di cek makanan dalam lemari es yang sudah kedarluwarsa harus langsung dibuang. Produk dan jenis makanan apa pun yang akan disimpang di dalam lemari es, perlu di bersihkan terlebih dahulu, agar bakteri, kotoran dan bahan-bahan pengawet tidak melekat pada isi kulkas dan mengurangi resiko kontaminasi terhadap makanan lainnya. 

Beberapa hal juga perlu diperhatikan bagaimana cara membersihkan bahan makanan seperti buah dan sayur, hal ini bisa Anda baca lebih lanjut cara membersihkan buah dan sayur dengan baik dan benar, agar peralatan lemari es Anda tetap bersih. Dalam membersihkan lemari es perlu juga diperhatikan produk pembersih yang aman dan khusus untuk lemari es, Anda bisa di toko atau di supermaket. Anda bisa juga membersihkan lemari dengan dengan menggunakan bahan alami, seperti : bahan campuran baking soda dan air hangat, cuka suling dengan air hangat, atau beberapa tetesan perasan jeruk lemon. Berikut dibawa ini merupakan beberapa cara dan tips yang bisa Anda terapkan dalam membersihkan lemari es atau kulkas Anda, sebagai berikut :

> Siapkan Pembersih
Bahan pembersih alami maupun bahan pembersih khusus bisa Anda memakai salah satunya untuk membersihkan lemari es. Untuk membersihkan lemari es, sediakan kain lap untuk membersihkan bagian isi dalam kulkas dan sikat gigi yang tidak terpakai lagi untuk menyikat sela-sela rak yang kotor dan juga dengan campuran cuka dan air.

> Keluarkan Bahan Makanan Dari Lemari Es
Sebelum Anda membersihkannya, terlebih dahulu keluarkan semua bahan makanan dari dalam kulkas sambil memilah-milah produk makanan yang sudah kedaluwarsa dan bahan makanan yang sudah mulai membusuk, lalu langsung dibuang.

> Keluarkan Rak Dan Laci Lemari Es
Rak dan laci yang telah dikeluarkan dalam lemari es, dibersihkan dengan detergen anti-bakteri atau menggunakan bahan pembersih khusus lalu di sikat sampai bersih dan bilas dengan air hangat.

> Keringkan Bagian Dalam Lemari Es
Setelah membersihkan rak dan laci, bagian dalam kulkas juga perlu dibersihkan dengan perasan jeruk lemon, jika perlu Anda juga bisa menggunakan sikat gigi untuk menyikat di bagian sela-sela rak yang kotor. Perasan jeruk lemon baik untuk menghilangkan bau apek dan noda yang menempel di rak dan bagian pinggiran lemari es, sehingga memberikan aroma segar dalam kulkas. Setelah semuanya bersih, lalu kulkas di keringkan dengan menggunakan kain lap yang bersih.

> Bersihkan Freezer
Sebelum Anda membersihkan freezer, biarkan bunga es lepas dengan sendirinya, jangan sekali-kali mencungkilnya dengan memakai alat, hal ini akan beresiko kulkas Anda rusak dan tidak pendingin tidak bisa berfungsi lagi. Setelah bunga es mencair, lanjutkan dengan membersihkan sisa-sisa makanan dan noda makan yang menempel dengan campuran air perasan jeruk lemon lalu keringkan dengan kain lap yang bersih.

> Bersihkan Bagian Luar Lemari Es
Bagian luar kulkas biasa banyak tumpukkan kotoran dan debu, bisa Anda bersihkan dengan menggunakan kain lap dengan detergen lalu bilas sampai bersih dan keringkan dengan kain lap yang bersih. Untuk membuat dan menjaga bagian luar lemari es tampak mengkilap, gunakan campuran air dengan cuka.

> Atur Ulang Isi Lemari Es
Setelah semuanya dibersihkan, Anda bisa menata atau mengatur ulang isi lemari es sesuai dengan kategori dan fungsinya masing-masing. Dengan penataan yang teratur, maka dengan mudah Anda memperoleh bahan makanan yang Anda butuhkan.

Lemari Es yang bersih dengan isi dalam yang tertata dengan teratur dan rapi, akan memberi Anda rasa nyaman dan mudah menggunakannya, sehingga Anda lebih bersemangat lagi dalam memasak di dapur. Dengan tetap menjaga kebersihan lemari es, maka bahan makanan yang di konsumsi keluarga Anda juga menjadi sehat tanpa resiko menggangu kesehatan Anda sekeluarga. Semoga dengan tips dan cara ini bisa bermanfaat dan memberikan Anda inspirasi untuk tetap menjaga kebersihan lemari es atau kulkas Anda serta menjaga kesehatan keluarga Anda. 



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 8:02 AM

1 comment:

  1. apakah lemari es harus dibersihkan seminggu sekali?
    www.peluangproperti.com

    ReplyDelete