About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Tuesday, August 12, 2014

Cara Membuat Masakan Dangkot

http://ruthmarthen.blogspot.com/2014/08/cara-membuat-masakan-dangkot.html
Masakan Dangkot
Masakan dangkot merupakan masakan yang memiliki bahan utamanya adalah daging bebek atau daging itik. Masakan dangkot atau daging bebek merupakan masakan khas masyarakat Toraja, dangkot yang artinya daging bebek atau daging itik dan juga khusus untuk daging bebek. Daging dangkot mudah kita temukan di pasar-pasar tradisional atau mungkin ada kenalan Anda yang memeliharanya. Daging bebek atau dangkot sangat baik untuk kesehatan Anda, seperti : memperkuat badan (fisik dan mental), mempercantik kulit tubuh dan wajah, sebagai antioksidan, mencegah anemia, menjaga kerja otot, mengobati suara yang serak, menghilangkan gas dalam perut, dan dapat menambah berat badan secara sehat, sehingga cukup baik untuk di konsumsi oleh keluarga Anda. 

Daging bebek atau dangkot mengandung bahan yang baik untuk tubuh kita, seperti : selenium, fosfor, asam amino, vitamin B12 dan sodium, begitupun juga dengan berbagai bahan bumbu yang terkandung dalam dangkot baik untuk kesehatan tubuh Anda dan juga menambah selera makan Anda. Sebelum mengolah daging bebek menjadi sebuah masakan, pilih daging bebek yang masih muda sehingga dalam proses masaknya mudah, juga dalam membersihkannya dengan cara membakar sebentar di atas api kompor untuk menghilangkan bulu-bulu halus pada bebek. Masakan dangkot merupakan salah satu makanan pavorit saya, selain rasanya gurih, pedas yang nikmat, aromanya pun dapat mengundang selera makan Anda. Jika Anda ingin mencoba membuat masakan dangkot, Anda bisa memperhatikan resepnya dibawa ini.

Resep Masakan Dangkot (Daging Bebek)


Bahan-bahan :
1 ekor bebek mudah / itik (potong kecil sesuai selera)
2 bonggol lengkuas (potong melintang tipis)
7 batang serai (potong tipis)
1 ruas kunyit (potong tipis)
5 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
2 ruas jahe
1/2 sdt merica
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
15 buah cabai rawit merah
3 sdm minyak goreng
Garam secukupnya
Penyedap rasa
Air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
Tumbuk atau blender merica, bawang merah, bawang putih, halus lengkuas, serai, jahe, kunyit dan cabai rawit merah. Setelah halus lalu tiriskan.

Cara membuatnya :
Panaskan minyak goreng ke dalam wajan, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum dan berwarna kecoklatan, lalu masukkan daging bebek atau daging itik sambil di aduk rata dan menyatu dengan bumbu, setelah itu masukkan air secukupnya, daun salam, daun jeruk, garam dan penyedap rasa secukupnya. Biarkan matang kurang lebih 1 1/2 jam sampai air meresap ke dalam bumbu dan daging bebek, jangan sampai terlalu kering (gosong). Setelah matang lalu angkat dan tiriskan, sajikan di atas piring.
Hmmm....nikmat!

Nah, resep masakan dangkot telah selesai, Anda bisa sajikan bersama dengan nasi hangat dan siap dinikmati oleh keluarga tercinta Anda. Jika dangkot atau daging bebek sudah tua dan dagingnya keras, Anda bisa menambahkan air lalu masak di api sedang sampai daging bebek terasa empuk dan matang. Resep masakan dangkot ini mirip dengan proses masakan rica-rica atau masak kering. Makanan dangkot sangat dikenal memiliki ciri khas dari rasa pedasnya yang sampai ke tenggorokan sehingga rasa ingin nambah lagi. Anda bisa mencoba resep yang satu ini, jika Anda ingin menambah berat badan Anda secara alami dan sehat tanpa harus minum obat. Semoga resep masakan dangkot ini bisa bermanfaat bagi Anda dan menambah pengalaman dalam hal kuliner.



Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 6:54 AM

2 comments: