About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Wednesday, September 3, 2014

Cara Mengobati Jerawat Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Jerawat Dengan Bahan Alami
Bahan Alami
Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang bisa menggangu penampilan seseorang sehingga timbulnya ke tidak percayaan diri. Untuk mengatasi masalah jerawat, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang bisa Anda dapatkan di sekitar lingkungan Anda, baik di yang tumbuh di sekitar pekarangan rumah, pingkiran jalan, di samping rumah, atau bisa Anda dapatkan di pasar-pasar tradisional dan swalayan. Pengobatan secara alami memiliki banyak keuntungan, di samping biayanya relatif murah, efek sampingnya pun tidak terlalu besar. Pengobatan alami atau tradisional umumnya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah Anda dapatkan.

Saya akan membahas bagaimana cara mengobati jerawat secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami, terlebih dahulu kita harus mengenal apa yang menyebabkan timbulnya jerawat pada sekitar wajah. Penyakit jerawat timbul karena dipengaruhi beberapa fakor, seperti : makanan, suhu, bakteri, perilaku, atau keseimbangan hormon dalam tubuh. Agar jerawat berkurang, Anda harus tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap fit, banyak istirahat, hindari kebiasaan meraba wajah, hindari makanan yang berlemak, berolahraga secara teratur, berpikir positif atau hindari stres yang berlebihan. Untuk masalah stres, Anda bisa baca lebih lanjut tips mencegah dan menghilangkan stres, jika Anda menjaga keseimbangan stres maka Anda akan tetap selalu tampak sehat dan cantik. Beberapa bahan alami dibawa ini bisa Anda gunakan untuk mengobati jerawat, sebagai berikut :

> Tumbuhan Mahkota Dewa
Tumbuhan memiliki buah yang mengandung alkaloid, saponin dan polifenol, dimana berfungsi sebagai anti-oksidan, anti-bakteri, anti-alergi dan anti-virus yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh Anda. Untuk mengobati jerawat, caranya : ambil buah mahkota dewa yang masih hijau, diparut lalu hasil parutan ditempelkan pada kulit wajah yang berjerawat, jadikan sebagai masker wajah. Setelah itu bersihkan dengan air bersih.

> Tumbuhan Temulawak
Temulawak memiliki beberapa kandungan, seperti : pati, protin, abu, serat, turmerol, borneol, sineal, dimana kandungan tersebut bermanfaat anti-oksidan yang mampu mengatasi radikal bebas dan membantu memulihkan kesehatan tubuh dari penyakit. Untuk mengobati jerawat perlu juga dari dalam tubuh dengan cara : ambil temulawak lalu iris tipis dan ambil 5 iris lalu direbus dengan 5 gelas air sampai sisa 2 gelas. Hasil rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, masing-masing 2 gelas. Selama Anda mengkonsumsi rebusan temulawak, usahakan untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang berlemak, seperti : minyak hewani, santan, otak, telur, kacang tanah, jeroan dan makanan-makanan pedas.

> Daun Sirih
Kandungan yang terdapat dalam daun sirih adalah alkoloid, dimana berfungsi sebagai anti-mikroba, bersifat antiseptic untuk mengobati dan menjaga kesehatan dan kecantikan. Ambil 5-10 lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air, setelah mendidih, angkat dan diamkan hingga hangat (suam-suam kuku). Rebusan ini gunakan untuk mencuci wajah yang berjerawat, lakukan secara rutin sebelum tidur atau sehabis bepergian.

> Bawang Putih
Kandungan yang ada dalam bawang putih, seperti : vitamin C, mineral, Fe dan vitamin B, dimana berfungsi sebgai anti-oksidan sehingga dapat membersihkan jerawat. Ambil 1/2 siung bawang putih lalu haluskan, kemudian dioleskan ke seluruh permukaan wajah yang berjerawat, gunakan sebagai masker, biarkan 30 menit lalu bersihkan / bilas dengan air hangat lalu air dingin.

> Jeruk Nipis
Ambil sebuah jeruk nipis lalu diperas, oleskan ke seluruh permukaan kulit wajah, gunakan sebagai masker, biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat, lakukan secara teratur selama 2 hari sekali. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C sebagai anti-oksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

> Buah Mengkudu
Ambil 2 buah mengkudu dan 2 ruas jari gula merah, dihaluskan, kemudian disaring dan direbus hingga mendidih. Minum setiap pagi sebelum makan selagi masih hangat yang berfungsi untuk membersihkan darah kotor penyebab timbulnya jerawat. Kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu, seperti : morinda diol, morindone, metil asetil, asam kapril untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit.

> Bunga Melati
Bunga melati pun dapat digunakan sebagai bahan alami mengobati jerawat. Ambil bunga melati sebanyak 20 kuntum, 2 jari asam jawa, lalu kedua bahan ini ditumbuk halus atau di blender, lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Kandungan yang terdapat di dalam bunga melati dapat membantu mengatasi timbulnya jerawat pada wajah.

> Buah Belimbing Wuluh
Selain belimbing wuluh sering digunakan sebagai bahan makanan, belimbing wuluh pun bisa dijadikan sebagai pengobatan alami untuk penyakit jerawat. Ambil 5 buah belimbing wuluh dan air garam secukupnya, lalu ditumbuk halus kemudian airnya dioleskan pada kulit wajah yang berjerawat selama 2 kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Itulah sebagian beberapa tumbuhan bahan alami yang bermanfaat mengatasi dan mengobati jerawat Anda yang bisa didapatkan lebih mudah di berbagai tempat pekarangan rumah. Jerawat dapat membuat kulit wajah Anda bisa menjadi kusam sehingga membuat wajah Anda tampak lebih tua dari umur Anda yang sebenarnya. Untuk mengatasinya tersebut Anda bisa baca lebih lanjut cara merawat wajah agar terlihat lebih mudah. Jaga pola makan dan kebersihan kulit wajah Anda, agar Anda senantiasa nampak cantik dan sehat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Kritik, saran dan pertayaan seputar cara mengobati jerawat dengan bahan alami bisa Anda salurkan melalui kolom komentar yang telah tersedia atau bisa melalui contact us.


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 8:00 AM

5 comments:

  1. bagus sekali sangat memberi manfaat dan solusi cara mengobati jerawat. makasih
    Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  2. Tipsnya bagus sekali untuk di coba, semoga tipsnya manjurr.. terima kasih sudah berbagi. ;) Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 gan, terima kasih sdh berkunjung di blog kami :)

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete