About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Friday, January 30, 2015

Cara Membuat Kreasi Dari Flanel

Cara Membuat Kreasi Dari Flanel
Kreasi Jeruk Flanel
Flanel adalah jenis kain yang terbuat dari serat wol tanpa proses tenun, tetapi di proses melalui pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain flanel yang beraneka ragam tekstur dan jenis. Flanel sering juga disebut sebagai Felt. Kain flanel atau felt memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam dan mudah dibentuk dan pada saat proses penjahitannya tidak perlu dilipat seperti kain lainnya. Kain flanel atau felt merupakan jenis kain tertua dan lebih tua dari kain tenun dan rajut. Kain flanel atau felt mudah dibentuk menjadi apapun, seperti replika makanan yang dapat digunakan sebagai aksesoris atau hiasan, souvenir, kado atau bingkisan.

Untuk menghasilkan kreasi yang indah dan bernilai mahal, para pembuatnya harus memiliki jiwa seni sehingga dapat memadukan suatu unsur warna dengan warna yang lain, mampu menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya. Ada beberapa bahan yang diperlukan dalam berkreasi flanel, seperti : kain flanel, gunting, mistar atau alat ukur, jangkar, pensil, lem uhu, lem tembak, jarum tangan atau mesin jahit, benang jahit, benang sulam, kapas dakron, dan bahan penunjang lainnya. Berikut saya akan memberikan bagaimana cara membuat kreasi dari flanel atau felt, cukup mudah mengerjakannya, sebagai berikut :

* Buat Pola
Buat pola sesuai yang diinginkan, seperti : pola buah jeruk, pola binatang beruang dan lain-lain. Anda bisa membuatnya di selembar kertas atau karton dengan menggunakan mistar atau alat ukur dan pensil, lalu gunting. Pola yang telah jadi bisa dibentuk dengan kain flanel, pilih kain flanel sesuai warna barang akan kita buat.

* Jahit Mesin atau Jahit Tangan
Setelah pola kain jadi, saat Anda menjahitnya dengan mesin jahit atau jahit tangan. Jika Anda menggunakan jahitan tangan cukup Anda menggunakan tusuk feston atau tusuk tikam jejak dengan benang jahit sesuai dengan warna kain flanel. Benang sulam digunakan pad saat menyulam gambar bunga dan lain sebagainya atau untuk sebagai penghias kain flanel. Untuk jenis jahitannya, Anda bisa menggunakan tusuk feston dan tusuk rantai.

* Masukkan Dakron
Jika kreasi Anda memungkinkan untuk menggunakan dakron, bisa juga, tetapi tidak semua kreasi flanel harus menggunakan dakron. Dakron berfungsi untuk bahan pengisi ruang yang kosong agar terbentuk sesuai dengan aslinya. Lalu jahit daerah kain yang sudah di isi dengan dakron sehingga kreasi flanel nampak rapi jahitannya.

Nah, ini sebagian dasar cara membuat kreasi dari kain flanel, Anda bisa melihat contoh gambar yang disamping kiri atas merupakan salah satu kreasi gantungan jeruk flanel. Cukup mudah bagi Anda sebagai pemula untuk berkreasi dengan flanel / felt. Untuk kreasi jenis lainnya, Anda bisa mendapatkan bukunya di dapat Anda temukan di toko buku atau internet. Bagi Anda yang membutuhkan souvenir, kado atau bingkisan, paket usaha Anda bisa menemukannya di berbagai media sosial, toko online, internet dengan harga yang cukup murah dan terjangkau. Kreasi flanel sangat cantik dan manis jika digunakan sebagai ornamen di sudut ruangan rumah, di dalam mobil, di ruangan kantor maupun mempercantik tas, handphone, dan kunci Anda sebagai gantungan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda pencinta seni dan kreasi flanel. Sukses selalu buat Anda !




Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 8:07 AM

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete