About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Saturday, May 31, 2014

Cara Menindaklanjuti Aplikasi Lamaran

http://ruthmarthen.blogspot.com/cara-menindaklanjuti-aplikasi-lamaran.htmlSetiap pelamar pekerjaan ingin mengetahui bagaimana nasib atau kabar selanjutnya mengenai aplikasi lamaran mereka. Ada beberapa cara menindaklanjuti (follow up) berkas lamaran mereka, yaitu bisa melalui pengiriman surat, melalui email atau surat pos.
Ada beberapa panduan penulisan surat follow up untuk aplikasi lamaran yang dapat anda ikuti, antara lain :
  • Tulis contact person atau bagian yang anda tuju, yakni pihak yang akan interview anda, sesuai yang tercantum dalam pengumuman rekrutmen atau sesuai info yang anda terima dulu. Perkenalkan diri anda secara sopan pada alinea awal surat anda. Tulis nama lengkap anda, sesuai surat alikasi terdahulu.
  • Sampaikan pada contact person, bahwa anda ingin menindaklanjuti status aplikasi anda. Sebut secara spesifik posisi atau jabatan yang anda tuju. Tanya dengan sopan, apakah perusahaan sudah menerima surat aplikasi beserta surat pengalaman kerja anda yang terdahulu. 
  • Jelaskan tanggal berapa berkas lamaran anda dikirim agar lebih mudah ditelusuri. Jelaskan pula metode pengiriman yang digunakan untuk mengirim berkas terdahulu. Anda bisa melontarkan beberapa pertanyaan yang bersifat relevan mengenai posisi yang ditawarkan, gambaran besar mengenai deskripsi kerja, dan tanggungjawab dari posisi tersebut.
  • Beri informasi tambahan yang relevan mengenai mengenai bagaimana setelah anda telah mengirimkan surat aplikasi anda, apakah ada prestasi tertentu yang anda peroleh karena berhasil melengkapi sertifikat tertentu seperti surat pengalaman kerja.
  • Ucapkan terima kasih secara singkat atas kesediaan perusahaan mempertimbangkan anda sebagai salah satu kandidat. Sampaikan bahwa anda menanti kabar selanjutnya contact person mengenai peluang dalam mengisi posisi yang ditawarkan, apakah masih terbuka.

Yang perlu diperhatikan usahakan format surat singkat dengan ejaan yang benar, surat bernada sopan, profesional, positif dan tidak berkesan putus asa. Lebih baik kirim sekitar 3-5 hari setelah anda mengirimkan surat aplikasi lamaran. Cukup sekali saja surat follow up dikirim. Bila perusahaan berminat tentu mereka akan segera menghubungi anda.
Demikian beberapa saran dari saya, semoga bisa bermaaf bagi anda. Buang jauh-jauh rasa enggan dan segan anda. Selamat mencoba dan sukses selalu buat anda!


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 9:29 AM

No comments:

Post a Comment