About | Contact Us | Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | DMCA

Tuesday, July 15, 2014

Cara Memilih Makanan Sehat Bagi Tubuh

Hidup sehat sudah merupakan tradisi bagi orang yang selalu memperhatikan makanan yang di konsumsinya setiap hari dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Salah memilih makanan dapat berdampak pada kesehatan kita. Masih banyak dikalangan masyarakat belum mengetahui makanan apa saja yang mengandung nutrisi yang seimbang. Makanan yang bernutrisi seimbang adalah yang mengandung berbagai vitamin, mineral, kabohidrat, protein, enzim dan zat-zat seimbang lainnya. Makanan yang siap saji banyak di jual di pinggiran jalan yang tidak bisa kita diketahui kebersihan dan kesehatannya. Anak-anak biasanya sering memilih jajanan di luar rumah daripada memilih makanan di rumah, hal ini yang biasa membuat kesehatan anak tidak terjamin. Begitupun juga dengan orang dewasa dengan berbagai kebiasaan memilih makanan siap saji dan cemilang yang tak sehat, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Pola dan pemilihan makanan bisa juga mempengaruhi pola diet Anda dan sulit untuk mendapatkan tubuh yang ideal sehingga bisa menyebabkan obesitas. Makanan olahan yang tak sehat biasanya mengandung lemak tak jenuh, makanan inilah yang bisa meningkatkan kalori yang berlebihan dalam tubuh, sehingga berat badan Anda bisa bertambah atau naik. Pemilihan makanan yang segar tanpa bahan pengawet yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Anda bisa lebih seleksi lagi dalam memilih makanan yang tanpa pengawet atau yang sudah kadarluarsa habis. Berikut dibawah ini cara memilih makanan yang sehat bagi tubuh.

Pilih Sayuran Dan Buah Segar
Pilih sayuran yang aneka berwarna atau berwarna hijau dan masih segar dan pilih juga buah yang segar tanpa bahan pengawet. Tambahkan dalam menu Anda sehari-hari, sayuran-sayuran yang bisa Anda masukkan dalam daftar menu, seperti : brokoli, kacang-kacangan, warten dsb, sedangkan buah, seperti : buah pisang, pepaya dsb.

Banyak Konsumsi Ikan
Banyak konsumsi ikan laut segar, bisa membuat tubuh kuat dan sehat, seperti : ikan salmon, ikan tuna, sarden, dan ikan laut jenisnya. Ada beberapa ikan yang mengandung omega-3 untuk bisa membantu pertumbuhan otak anak Anda.  

Kurangi Lemak Jenuh Dan Gula
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak jenuh, ini tidak baik untuk ksehatan tubuh. Tubuh kita juga membutuhkan lemak, tetapi kita harus memperhatikan jumlah dan jenis lemak yang kita makan. Lemak yang berlebihan dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit kolestrol dan penyakit jantung. Lemak jenuh, seperti : keju keras, kue, biskuit, sosis, krim, mentega. Lemak tak jenuh, seperti : minyak sayur, ikan berminyak dan alpukat.

Kurangi Garam Pada Makanan
Kurangi jumlah garam pada menu masakan Anda, karena jika terlalu banyak mengkonsumsi garam tidak baik untuk kesehatan, yakni dapat meningkatkan tekanan darah. Makanan yang sudah Anda beli, sebagian sudah mengandung 3/4 garam, seperti : sup, roti, saus, sereal sarapan pagi.

Konsumsi Protein Hewani Yang Terbaik
Pilih makanan protein hewani yang berasal dari sumber yang terbaik, seperti : daging, seafood, ayam ternak yang masih segar tanpa memakai bahan pengawet.

Seimbangkan pilihan makanan Anda setiap saat, karena semua makanan tak sempurna. Saat Anda menyantap makanan Anda perlu memperhatikan lemak tinggi, garam dan gula pada pada setiap makanan pilihan Anda. Pilih makanan didasarkan pada pola makan Anda, bukan beradasarka baik atau buruk. Makanan yang layak dan pilihan makanan yang lain dapat menyeimbangkan gizi Anda dan beragam yang baik untuk kesehatan Anda. Tubuh Anda memerlukan 40 jenis nutrisi untuk membuat tubuh tetap sehat. Pilihan makanan sehari-hari Anda seharusnya mencakup kabohidrat dan padi-padian, buah-buahan, sayuran, produk susu, daging, ikan atau makanan yang mengadung protein lainnya. Konsumsi padi-padian penuh, buah dan sayuran, berarti Anda sudah mengkonsumsi 6-1 porsi nasi atau sereal, 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayuran. Tak lupa juga konsumsi air putih 8 gelas per hari, sehingga tidak menyebabkan tubuh Anda mengalami dehidrasi dan terganggunya proses metabolisme pada tubuh. Makanan yang mengandung antioksidan alami, sangat baik untuk tubuh sebagai penangkal racun dan radikal bebas dalam tubuh, seperti : sayuran berwarna hijau (sayur bayam), buah strawberi, blueberi, dan melon. Inilah serangkaian informasi seputar cara memilih makanan sehat bagi tubuh, semoga bisa bermanfaat buat Anda.
 


Ruth Marthen -
Sehat Dan Cantik Updated at : 8:29 AM

No comments:

Post a Comment